Jangan Letakkan TV di Tempat Ini

Kompas.com - 04/09/2010, 15:21 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Sarana hiburan di rumah tangga harusnya berada dan berfungsi pada tempat semestinya. Informasi memang penting, namun lebih penting lagi untuk menghindari munculnya kebiasaan buruk yang ditimbulkan televisi. Anda tentu tak ingin menggantikan budaya membaca di kamar tidur dengan menonton tayangan televisi tanpa henti bukan?

Jadi, sebaiknya jangan tempatkan perangkat televisi di tempat ini:

Toilet
Bagi sebagian orang, surat kabar, majalah atau bahan bacaan lain menjadi teman saat "panggilan" ke toilet datang. Kebiasaan ini jauh lebih baik daripada menyediakan televisi mini atau memasang TV LCD di dinding kamar mandi.

Ruang makan
Sejumlah keluarga memanfaatkan waktu makan sebagai ajang kumpul keluarga. Perbincangan hangat bisa dilakukan di sini, sambil menyantap masakan rumahan. Komunikasi yang terjalin bisa membangun kehangatan anggota keluarga. Jadi untuk alasan apa menempatkan televisi di ruang makan? Sekadar mencari bahan obrolan tak harus memboyong TV ke ruangan keluarga ini bukan? Justru tayangan televisi bisa mengalihkan perhatian, yang seharusnya bisa diberikan kepada anak-anak Anda.

Kamar anak
Membacakan buku cerita untuk menemani anak tidur lebih berdampak positif bagi tumbuh kembangnya. Para peneliti seringkali menyebutkan, televisi yang berada di kamar anak berdampak buruk yang mempengaruhi kebiasaan tidur anak. Daripada memberikan fasilitas televisi yang hanyalah benda mati, mengapa tak digantikan saja dengan kehadiran Anda sebagai orangtuanya. Menemani anak di kamarnya bisa membangun bonding yang lebih kuat bukan?

Dapur
Sumber makanan di rumah ini juga bisa menjadi tempat nyaman untuk mendekatkan hubungan keluarga. Anda bisa memasak bersama anak-anak, atau suami. Membangun ikatan emosi dan komunikasi keluarga bisa melalui cara ini bukan? Jadi sebaiknya hindari gangguan dari televisi yang diletakkan di dapur. Jika pun Anda ingin mempraktekkan menu baru dari tayangan televisi, Anda bisa mencatatnya lebih dahulu tak perlu langsung menyaksikannya dari layar kaca.

Televisi memang punya tempat khusus, di ruang keluarga, tempat di mana Anda dan pasangan bersantai bersama anak-anak. Toh, anak juga masih membutuhkan bimbingan dari orangtuanya untuk memilah tayangan yang baik untuk dirinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.