Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Letakkan TV di Tempat Ini

Kompas.com - 04/09/2010, 15:21 WIB

KOMPAS.com - Sarana hiburan di rumah tangga harusnya berada dan berfungsi pada tempat semestinya. Informasi memang penting, namun lebih penting lagi untuk menghindari munculnya kebiasaan buruk yang ditimbulkan televisi. Anda tentu tak ingin menggantikan budaya membaca di kamar tidur dengan menonton tayangan televisi tanpa henti bukan?

Jadi, sebaiknya jangan tempatkan perangkat televisi di tempat ini:

Toilet
Bagi sebagian orang, surat kabar, majalah atau bahan bacaan lain menjadi teman saat "panggilan" ke toilet datang. Kebiasaan ini jauh lebih baik daripada menyediakan televisi mini atau memasang TV LCD di dinding kamar mandi.

Ruang makan
Sejumlah keluarga memanfaatkan waktu makan sebagai ajang kumpul keluarga. Perbincangan hangat bisa dilakukan di sini, sambil menyantap masakan rumahan. Komunikasi yang terjalin bisa membangun kehangatan anggota keluarga. Jadi untuk alasan apa menempatkan televisi di ruang makan? Sekadar mencari bahan obrolan tak harus memboyong TV ke ruangan keluarga ini bukan? Justru tayangan televisi bisa mengalihkan perhatian, yang seharusnya bisa diberikan kepada anak-anak Anda.

Kamar anak
Membacakan buku cerita untuk menemani anak tidur lebih berdampak positif bagi tumbuh kembangnya. Para peneliti seringkali menyebutkan, televisi yang berada di kamar anak berdampak buruk yang mempengaruhi kebiasaan tidur anak. Daripada memberikan fasilitas televisi yang hanyalah benda mati, mengapa tak digantikan saja dengan kehadiran Anda sebagai orangtuanya. Menemani anak di kamarnya bisa membangun bonding yang lebih kuat bukan?

Dapur
Sumber makanan di rumah ini juga bisa menjadi tempat nyaman untuk mendekatkan hubungan keluarga. Anda bisa memasak bersama anak-anak, atau suami. Membangun ikatan emosi dan komunikasi keluarga bisa melalui cara ini bukan? Jadi sebaiknya hindari gangguan dari televisi yang diletakkan di dapur. Jika pun Anda ingin mempraktekkan menu baru dari tayangan televisi, Anda bisa mencatatnya lebih dahulu tak perlu langsung menyaksikannya dari layar kaca.

Televisi memang punya tempat khusus, di ruang keluarga, tempat di mana Anda dan pasangan bersantai bersama anak-anak. Toh, anak juga masih membutuhkan bimbingan dari orangtuanya untuk memilah tayangan yang baik untuk dirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com