Cedera Kepala pada Anak

Kompas.com - 27/09/2010, 14:14 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA
Dokter, anak saya sekarang usia 8 bulan, waktu umur 7 bulan anak saya jatuh dari tempat tidur dan kepalanya memar. Ia juga muntah-muntah. Pertanyaannya, apakah suatu hari nanti hal itu bisa berdampak buruk bagi perkembangannya? Terima kasih dok.
David (34)

JAWAB:
Dalam menangani kasus cedera kepala pada anak, masa kritis yang memerlukan perhatian khusus dan menentukan prognosis/kondisi selanjutnya adalah selama 48 jam pertama setelah kejadian. Bila dalam rentang waktu tersebut si kecil dalam kondisi yang baik-baik saja maka prognosisnya baik dan tidak mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Namun bila terdapat gejala-gejala seperti muntah yang menyemprot, penurunan kesadaran (anak mengantuk atau seperti ingin tidur terus, bahkan tidak sadar), tampak sangat pucat, sangat rewel dan menangis melengking terus menerus, bahkan kejang, maka kemungkinan besar terjadi peningkatan tekanan di dalam rongga kepala yang biasanya disebabkan oleh perdarahan di otak. Bila hal ini tidak ditangani sesegera mungkin, maka dapat berakibat fatal seperti kematian atau gangguan tumbuh kembangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.