Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usia 30, Bakar Lemak Lebih Banyak!

Kompas.com - 25/10/2010, 16:02 WIB

KOMPAS.com — Usia yang bertambah bukanlah alasan untuk mengurangi waktu berolahraga. Justru, kita harus menambah durasi yang selama ini kita lakukan agar tubuh proporsional yang kita miliki sekarang akan tetap ideal meski ritual tiup lilin rutin dilakukan.

Jika kita ingin membakar lemak lebih banyak, maka cukup tambah waktu olahraga selama 60 menit dalam seminggu. Hal ini terungkap dalam riset terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Strength and Conditioning Research beberapa waktu lalu. Menurut para ahli, penambahan waktu itu akan membantu tubuh membakar lemak tiga kali lipat lebih banyak.

Hasil ini terlihat dari pengamatan yang dilakukan terhadap dua kelompok pelaku olahraga. Kelompok pertama berolahraga kardio selama setengah jam, 2 kali dalam seminggu. Mereka berhasil menurunkan 2 kg lemak dalam waktu 8 minggu. Sementara itu, kelompok kedua melakukan 4 kali sesi olahraga dalam seminggu, tetapi dengan durasi sama, yakni setengah jam. Hasilnya, mereka berhasil menurunkan berat hingga 8 kg.

Para ahli yakin, semakin sering kita berolahraga, nafsu makan pun ikut tertekan. Jadi, siapa bilang pertambahan usia diisi dengan melambatnya kemampuan olah tubuh kita? Jika kita mulai menambah durasi olahraga mulai hari ini, maka kita tak pernah mengalami degradasi kebugaran tubuh. (PreventionIndonesiaonline/Siagian Priska)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com