Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keputihan Bisa Bikin Mandul?

Kompas.com - 12/11/2010, 09:33 WIB

TANYA:
Halo dok, saya ingin bertanya tentang keputihan akibat clamydia. Akhir-akhir ini saya mengalami keputihan terus menerus dan rasanya gatal, perih saat buang air kecil. Saya belum berobat namun dari yang saya baca gejala yang saya alami bisa jadi karena clamydia. Bisa dokter jelaskan tentang penyakit itu dan dari mana penularannya? Obatnya apa? Saya masih lajang namun sudah sering berhubungan seks dengan pacar. Dalam waktu dekat kami ingin menikah. Apakah keputihan akan menyebabkan sulit punya anak?
Jenny (29), Jakarta


JAWAB:
Gejala keputihan itu memang beragam dan ada tanda yang khas untuk suatu jenis penyakit. Yang paling akurat diambil aja lendir vaginal nya untuk test / kultur-resistensi. Nanti keluar kuman nya dan beberapa obat yang dapat di pakai. Apalagi disini Jeni sudah sering melakukan hubungan seks. Itu bisa jadi salah satu cara penularan. Harus serius mengobatinya. Nanti kalau tidak tuntas memang bisa punya resiko rusak pada organ reproduksi nya dan jadi susah hamil. Mudah-mudahan bisa membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com