Ketika Rudy Hadisuwarno Menafsirkan Keseimbangan

Kompas.com - 01/12/2010, 19:17 WIB
EditorNadia Felicia

KOMPAS.com - Setiap menjelang akhir tahun, umumnya para penata rambut akan bersiap memperkirakan dan mencari apa yang akan menjadi tren. Bagi sebagian lainnya, seperti para maestro penataan rambut, mereka akan menciptakan tren. Seperti yang dilakukan Rudy Hadisuwarno. Hari ini, pemilik Rudy Hadisuwarno Organization (RHO) dengan 108 unit usaha ini, memperkenalkan prediksi tata rambut untuk tahun 2011 mendatang.

"Keseimbangan", adalah hal yang menurut Rudy sedang menjadi tren saat ini dan diperkirakan akan terus diminati di tahun ke depan. Dari sana, ia membagi tatanan rambut sesuai tipe-tipe pelanggan yang sekiranya akan datang ke salon-salonnya. Tema yang ia bawakan kali ini, adalah "Equipoise" yang berarti keseimbangan.

"Untuk bisnis salon, tidak boleh ada kejenuhan. Pelanggan yang datang akan selalu menanyakan apa gaya yang baru. Karena itu, salon harus tahu tren, supaya pelanggan tetap setia dan tidak bosan. Memang, tidak semua tren bisa diaplikasikan pada semua orang. Kan, orang punya karakter serta bentuk tubuh serta wajah yang berbeda-beda. Tetapi, at least para salon tahu garis-garisnya dan senada, mengenai pengaplikasian seekstrem apa, terserah pelanggannya. Tetapi bagi para stylist untuk tahu tren apa di tahun ke depan, ya cukup penting," ujar Rudy kepada Kompas Female sesaat sesudah konferensi pers tren penataan rambut 2011-nya di Hotel Crowne, Rabu, 1 Desember 2010.

Keseimbangan
"Keseimbangan tidak selalu simetris, bertekstur sama di semuanya, atau warna rambut monoton. Keseimbangan tatanan rambut berkonsep pada karakter, gaya, makeup, dan pewarnaan untuk menampilkan pesona wanita Indonesia yang elegan dan glamor," Oliver Hadisuwarno, CEO dan President RHO sesaat sebelum pembukaan trend show.

"Seperti kita ketahui, dari tahun ini, dan perkiraan tahun depan, keseimbangan adalah hal yang diperbincangkan di dunia fashion. Hal itulah yang ingin saya bawa di sini. Potongan yang menjadi tren di RH nanti, akan memungkinkan untuk digunakan di segala suasana. Ditata biasa, ia bisa tampil untuk acara sederhana, kalau ditata rapi, ia akan tampak mewah," jelas Rudy saat konferensi pers. Menurutnya, keseimbangan memang lazim berkaitan dengan hitam dan putih, atau yin dan yang, tetapi warna putih pada rambut sulit untuk diaplikasikan, karenanya ia memilih warna merahdan hitam sebagai tren warna rambut tahun depan.

Dalam tren rambutnya kali ini, Rudy membaginya menjadi 5 bagian untuk pribadi dan tipe fisik yang berbeda. Lima bagian tersebut adalah:

A La Mode
Guntingan rambut panjang yang sederhana, tanpa layer di bagian luar, dan pendek di bagian dalam. Untuk acara mewah, bagian bawah bisa ditata keriting, untuk tampilan resmi, bisa ditata lurus. "Potongan rambut seperti ini cocok untuk mereka yang memiliki wajah cenderung lebar," jelas Rudy kepada Kompas Female.

Exquisite
"Di potongan rambut ini juga terlihat keseimbangannya. Pada bagian atas rambut, bentuknya lurus, di bagian belakang rambut, bisa dibuat keriting," jelas Rudy lagi.

Potongan ini cenderung mid-length, dan dikeriting di bagian belakang. Hasilnya cenderung simpel. Menurut Rudy, tepat bagi yang berwajah tirus.

Avantgarde
Rambut yang pendek, tetapi banyak permainan tekstur dan trap, memberi kesan bervolume. Tepat untuk mereka yang memiliki jenis wajah bentuk oval dan tidak tepat untuk yang memiliki wajah lebar. Akan sangat menarik jika ditambahkan warna rambut merah kecoklatan.

Theatrical
Adalah sanggul yang glamor dan megah. Tatanan ini tepat untuk mereka yang berminat pada styling rambut. Sanggul megah dan elegan tepat untuk yang ingin tampil berbeda, tetapi masih bisa diturunkan kreasinya agar tetap bisa dikenakan untuk sehari-hari, tapi tetap gaya.

Androgenous
Adalah potongan untuk pria, yang dikreasikan dinamis dan modern, lebih panjang di bagian atas kepala, dan cepak di bagian belakang. Untuk pribadi yang lebih artistik, bisa menambahkan tribal tato.

"Dalam menciptakan tren, saya selalu mencoba memenuhi karakter-karakter beragam yang datang ke salon. Maka, di tren rambut ini, selalu ada yang biasa tetapi modern, seperti potongan lurus di A La Mode, ada pula pilihan untuk mereka yang suka teatrikal atau megah," terang Rudy seraya menutup perbincangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.