Sudah Besar Masih Sering Mengompol

Kompas.com - 21/12/2010, 13:15 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Dokter, Saya punya keponakan laki - laki sekarang umur 8 tahun kelas 3 SD, setiap malam pasti mengompol, tidak cuma sekali kadang 2 kali walaupun sebelum tidur sudah pipis & malam sekitar jam 2 dibangunin pipis, tetap saja mengompol. Apakah ada kelainan atau karena pengaruh AC? (untuk tambahan BB keponakan saya sekitar 35 kg TB sekitar 135 cm) Sebelumnya terima kasih atas jawaban Dokter.
Uthe (31), Jakarta


JAWAB:
Ibu Uthe yang baik,
Mengompol (enuresis) pada seorang anak yang sudah besar sebagian besar lebih disebabkan karena faktor psikologis. Pola asuh yang lebih instruktif, bernuansa negatif, penuh amarah, terlalu kompetitif, dan hukuman, dapat menyebabkan seorang anak merasa depresi yang dapat berakibat anak tanpa disadari mengompol saat tidur.

Penyebab lain yang perlu dipikirkan adalah adanya infeksi saluran kemih, kelainan neuro-urogenik dan kelainan lain seperti kelainan anatomis dan sebagainya. Si kecil tampaknya juga menderita obesitas, karena berdasarkan tinggi badannya, berat badan idealnya adalah 28 kg. Sehingga sebaiknya ia mendapatkan terapi nutrisi yang seimbang untuk menurunkan berat badannya agak terhindar dari risiko menderita penyakit degeneratif di masa dewasanya seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.