Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Tujuh Bayi Terinfeksi HIV/AIDS

Kompas.com - 09/01/2011, 18:39 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Tujuh bayi di wilayah Kalimantan Selatan, menurut data di Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, telah terinfeksi oleh virus HIV/AIDS.

Kadinkes Provinsi Kalimatan Selatan, Drg Rosihan Adhani, Minggu (9/1/2011), menuturkan, bukan hanya orangtua, melainkan anak-anak dan bayi juga bisa terserang virus mematikan itu.

Hingga kini sudah ada tujuh kasus bayi yang terinfeksi oleh virus HIV/AIDS yang penularannya berasal dari ibunya yang masih dalam masa menyusui dan ibu bayi sudah tertular virus HIV/AIDS.

Dengan ibu yang terjangkit virus HIV/AIDS maka otomatis saat menyusui bayi itu langsung tertular virus tersebut melalui air susu.

"Ada sekitar tujuh kasus bayi yang terinfeksi virus HIV/AIDS melalui ibu yang sudah lebih dahulu tertular virus mematikan itu," terangnya.

Untuk penyebaran HIV/AIDS sendiri kebanyakan sebagian besar melalui hubungan seksual 35 dari 63 kasus, injeksi narkoba 16 kasus, dan perinatal (bayi yang terjangkit ibunya) tujuh kasus.

Secara kumulatif perhitungan 2010, HIV mencapai 138 kasus dan AIDS 63 kasus tersebar di beberapa kabupaten di Kalsel.

Dilihat dari fakta itu, diperkirakan penyebarluasan virus mematikan itu terjadi di daerah yang padat penduduk dengan aktivitas tinggi sehingga penyebarannya sulit dideteksi serta dilakukan kontrol.

Wilayah penyebaran tertinggi kasus HIV terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu 52 dari 138 kasus, serta di Kota Banjar Baru dan Banjarmasin masing-masing 34 dari 23 kasus.

"Kalsel saat ini untuk penyebaran HIV/AIDS masuk kategori tinggi dan itu terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu, Kota Banjar Baru, dan Banjarmasin," terangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com