Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ck-ck-ck Mentawai Cuma Punya Lima SMA!

Kompas.com - 12/01/2011, 11:57 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, sejak dimekarkan menjadi kabupaten otonom tahun 1999 hingga kini baru memiliki lima sekolah menengah atas. Kelima sekolah itu berlokasi di lima dari 10 kecamatan yang ada di daerah tersebut.

Kecamatan yang telah memiliki fasilitas pendidikan SLTA tersebut meliputi Kecamatan Sikakap, Sipora Selatan, Sipora Utara, Siberut Selatan, serta Siberut Utara. Demikian data yang dikeluarkan Bappeda dan Badan Pusat Statistik (BPS) Mentawai, Rabu (12/1/2011). Sementara itu, saat ini tercatat kecamatan yang belum memilik gedung SMA adalah Kecamatan Pagai Selatan, Pagai Utara, Siberut Barat Daya, Siberut Tengah, dan Siberut Barat.

Pada lima SMA itu tersedia 87 ruang kelas dengan jumlah guru sebanyak 207 orang dan murid 2.235 orang. Dari kelimanya, jumlah siswa terbanyak berada di SMA Negeri Sikakap sebanyak 610 orang, diikuti SMU Siberut Selatan dengan 536 siswa, lalu SMU Sipora Utara dengan 407 siswa, SMU Sipora Selatan memiliki 382 siswa, dan SMU Siberut Utara dengan 318 orang siswa. Sementara jumlah pengajar terbanyak justru di SMU Sipora Utara dengan 66 guru, diikuti SMU Sikakap dan SMU Siberut Selatan masing-masing memiliki 39 guru, SMU Sipora Selatan 32 orang guru, serta SMU Siberut Utara bertugas 31 guru.

Sementara untuk pendidikan SLTP, Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki sembilan gedung SLTP, yakni di Kecamatan Pagai Selatan, Sikakap, Pagai Utara, Sipora Selatan, Sipora Utara, Siberut Selatan, Siberut Tengah, Siberut Utara, dan Siberut Barat. Sembilan SLTP itu memiliki ruang belajar sebanyak 125 kelas serta 240 guru dengan jumlah siswa 3.687 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com