Bisakah Tabir Surya Tangkal Kanker Kulit?

Kompas.com - 04/02/2011, 10:47 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Sekitar 90 persen kanker kulit terjadi di bagian tubuh yang biasanya tidak tertutup pakaian, seperti pada wajah, tangan, lengan dan telinga. Itu sebabnya melindungi kulit dari matahari dianggap bisa menghindari risiko kanker kulit.

Kendati penggunaan tabir surya (sunscreen) banyak dianjurkan untuk mencegah kanker kulit, namun efek pencegahan pada terjadinya melanoma masih kontroversial. Melanoma adalah kanker kulit yang berasal dari sel-sel penghasil pigmen. Penyakit ini lebih banyak menyerang orang berkulit putih.

"Orang yang secara alamiah punya risiko paling tinggi terkena melanoma biasanya adalah orang yang paling rajin menggunakan sunscreen. Karena itu agak sulit memisahkan apakah ada manfaat perlindungan dari tabir surya terhadap kasus melanoma," kata Adele Green profesor epidemiologi dari Queensland Institute of Medical Research.

Untuk menjawab misteri tersebut, Green melakukan sebuah studi dengan menelusuri 1600 penduduk di Nambour, Queensland. Para responden dalam studi ini secara acak dibagi kedalam dua kelompok, yakni kelompok yang memakai tabir surya secara normal atau sesuai dengan kebiasaannya dan kelompok yang diberi tabir surya secara terbatas.

Seluruh responden diberikan tabir surya secara gratis dan diminta memakainya setiap pagi di bagian kepala, leher, lengan dan juga tangan. Penelitian berlangsung selama lima tahun.

Selama 10 tahun memantau para responden itu, Green menemukan 22 kasus melanoma pada kelompok kontrol dan 11 kasus pada kelompok yang memakai tabir surya setiap hari.  "Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan tabir surya bermanfaat untuk melindungi kulit dari melanoma," kata Green.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.