Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO: Tak Ada Bukti Radiasi Menyebar dari Jepang

Kompas.com - 16/03/2011, 18:07 WIB

BEIJING, KOMPAS.com  Perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di China, Rabu (16/3/2011), menegaskan bahwa tidak ada bukti tentang penyebaran radiasi secara lintas negara dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima yang sedang bermasalah di Jepang.

"WHO ingin meyakinkan pemerintah dan masyarakat bahwa hingga saat ini belum ada bukti kuat yang menyebutkan bahwa radiasi nuklir dari pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Jepang meluas ke luar negeri," ungkap Michael O’Leary, perwakilan WHO untuk China dalam pernyataan tertulisnya.  

"Berbagai rumor telah menyebar melalui pesan singkat telepon genggam dan media lain yang menyebutkan bahwa awan radiasi yang berbahaya tengah meluas ke seluruh Asia akibat kerusakan PLTN di Jepang," tambahnya.

"Pemerintah dan anggota masyarakat harus menghentikan rumor yang berbahaya bagi moral publik luas ini," demikian tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com