Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hambatan Perkembangan Kelamin

Kompas.com - 08/04/2011, 09:55 WIB

TANYA :

Dokter Yth. Saya seorang pria berumur 30 tahun, tinggi badan 165 cm dan berat 79 kilogram. Dok, ukuran kelamin saya hanya 8 cm ketika ereksi, dan hanya terlihat kepalanya saja ketika normal. Saya sangat khawatir dengan keadaan ini, apalagi saya akan menikah tahun ini.

Saya takut pasangan saya kecewa. Dok, apakah ukuran penis saya ini bisa memuaskan pasangan saya? Apa saya harus mengatakan yang sebenarnya kepada pasangan saya sebelum kami menikah? Terima kasih banyak atas jawaban dokter.

Ari  30 Jakarta

 

JAWAB :

Dari data tinggi dan berat badan Anda, dapat saya simpulkan Anda mengalami kegemukan. Saya tidak tahu apakah keadaan kegemukan sudah terjadi sejak kecil atau setelah dewasa. Yang pasti keadaan kegemukan berkaitan dengan banyak hal, khususnya rendahnya kadar hormon testosteron.

Keadaan ini, kalau terjadi sejak kecil pasti menghambat perkembangan kelamin selain hambatan pada bagian tubuh lain. Untuk menentukan apakah perkembangan kelamin Anda normal atau tidak, tentu diperlukan pemeriksaan. Tetapi memang ukuran panjang 8 cm pada saat ereksi tergolong di bawah rata-rata.

Lebih jauh lagi, apakah fungsi ereksi Anda normal atau tidak. Inilah yang juga harus diketahui melalui pemeriksaan. Jadi sebelum mengatakan apa-apa kepada calon istri, sebaiknya pastikan dulu melalui pemeriksaan.  Kalau ternyata Anda memang mengalami hambatan perkembangan karena hormon yang kurang, maka Anda perlu mendapat pengobatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com