Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Wanita Bukan untuk Pria

Kompas.com - 13/04/2011, 09:24 WIB

KOMPAS.com - Soal penampilan, bukan cuma wanita yang peduli, tetapi juga kaum pria. Sayangnya, masih banyak pria yang "nebeng" produk wanita milik pasangannya untuk membersihkan dan merawat wajahnya.

"Pria, umumnya, lebih tak peduli dan memilih produk pembersih wajah apa saja yang tersedia di rumah. Selain karena kurang teredukasi mengenai perbedaan kebutuhan pria dan wanita, terkadang, pria disarankan menggunakan produk perawatan wajah yang juga digunakan pasangan atau keluarganya," jelas William Lumentut, Head of Marketing Garnier Indonesia, di sela peluncuran rangkaian produk Granier Men Turbo Light Oil Control, Plaza Indonesia, Senin (11/4/2011) lalu.

William menjelaskan, riset dari Maxus 3D Data menyebutkan, 41 persen pria Indonesia masih menggunakan produk wanita untuk merawat dan membersihkan wajah. Padahal, kondisi dan jenis kulit pria berbeda dengan wanita. Riset mengenai masalah kulit pada pria ini melibatkan 5.000 pria di lima kota besar di Indonesia. Masih menurut riset yang sama, kulit pria Indonesia 52 persen berminyak. Kulit berminyak menjadi masalah terbesar pria Indonesia. Pria juga menginginkan wajah lebih putih, hal ini diakui 43 persen pria.

Untuk menjawab masalah kulit, sekaligus mengedukasi pria dalam mencuci wajah, Garnier Indonesia merilis sabun wajah, Garnier Men Turbo Light Oil Control Icy Scrub dan Moisturizer. Pembersih wajah Garnier untuk pria ini mengandung ekstrak lemon, mineral clay, dan mentol.

Yoshiko Nadia Adelina, Group Product Manager, Garnier Skin Consumer Products Division mengatakan, kebutuhan pria untuk perawatan terpenuhi dari kandungan bahan di dalamnya. Ekstrak lemon mengandung vitamin C tinggi dan AHA. Kandungan ini mengangkat sel kulit mati yang menempel sehingga wajah lebih putih. "Kulit gelap bukan hanya karena warna asli gelap tetapi karena sel kulit mati yang menempel di kulit," jelas Nadia.

Bahan mineral clay yang ada pada sabun pencuci muka ini menyerap minyak berlebih di kulit wajah pria. Sedangkan kandungan mentolnya memberikan efek dingin dan menyegarkan. "Setelah membilas wajah, efek dingin dan segar lebih tahan lama. Cocok untuk pria Indonesia yang tinggal di cuaca panas," lanjutnya.

Personel band Ungu, yaitu Pasha, Onci, Enda, Maki, dan Roman, juga memiliki masalah kulit serupa dengan banyak pria di Indonesia. Mereka pun mengaku tak terlalu memedulikan dan tak mengetahui kegunaan produk sabun wajah yang digunakan. Untuk menyebarluaskan pesan pentingnya pria memilih pembersih wajah sesuai kebutuhan, Garnier Men memilih Ungu sebagai Brand Ambassador.

Mengenai penggunaannya, pembersih wajah berbentuk scrub ini aman dipakai setiap hari, sebanyak 2-3 kali sehari untuk merawat wajah. "Untuk kulit berjerawat, sebaiknya pakai scrub. Kebanyakan pria yang mengalami masalah jerawat biasanya karena cara memakai pembersih wajah kurang tepat. Pembersih wajah biasanya digosok kencang sehingga menstimulasi minyak di muka," lanjut Nadia.

Produk pembersih wajah Garnier Men ini bisa didapatkan dengan harga Rp 19.000 untuk ukuran 100 ml, sedangkan harga pelembabnya Rp 15.000 untuk ukuran 20 ml. Produk ini aman digunakan untuk kulit kering, normal, dan berminyak. Nah, karena perempuan biasanya menjadi pembuat keputusan di keluarga, termasuk dalam berbelanja, produk ini bisa menjadi salah satu pilihan. Karena kebutuhan perawatan wajah pria faktanya berbeda dengan Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com