Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Anak Minim dan Tak Merata

Kompas.com - 13/06/2011, 06:18 WIB

SERANG, KOMPAS.com — Jumlah dokter spesialis anak di Indonesia minim, yakni 2.700 orang. Selain minim, sebaran dokter spesialis anak tidak merata.

”Dengan hitungan satu dokter spesialis melayani 10.000 anak, Indonesia saat ini perlu sekitar 8.000 dokter spesialis anak. Saat ini yang ada baru sekitar 2.700 orang,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Badriul Hegar di Serang, Banten, Minggu (12/6).

Ia ditemui pada seminar terkait Ulang Tahun Ke-57 IDAI bertema ”Peran Profesi Kesehatan dan Keluarga untuk Menurunkan Angka Kematian Bayi dan Balita”.

Daerah dengan sebaran dokter spesialis anak terbanyak adalah Jakarta, yakni 670 orang, Jawa Barat 312 orang, Jawa Timur 283 orang, Jawa Tengah 222 orang, dan Sumatera Utara 142 orang. Adapun daerah lain, seperti Jambi dan Kalimantan Barat, jumlah dokter anaknya hanya belasan orang.

Di sisi lain, kemampuan institusi pendidikan di Indonesia untuk meluluskan dokter spesialis anak masih minim, 100-150 orang per tahun. ”Oleh karena itu, kami perlu menggandeng orang untuk bersama-sama meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak, yakni dokter umum, bidan, dan perawat,” kata Badriul. Kerja sama dengan dokter umum, bidan, serta perawat dinilai efektif karena keberadaan dan sebaran mereka relatif lebih banyak, hingga menjangkau pelosok.

Ketua IDAI Cabang Banten Mahruzzaman Na’im mengatakan, masalah yang umum dihadapi bayi dan anak balita di Banten adalah infeksi saluran pernapasan akut dan diare. (CAS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com