Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2011, KRL Commuter Line Lima Rute

Kompas.com - 18/06/2011, 16:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Sekretaris Perusahaan PT KRL Commuter Jabodetabek (KCJ) Makmur Syaheran mengatakan, penerapan KRL Commuter Line per 2 Juli 2011 nanti akan tetap memiliki 37 rute perjalanan. Namun, pada akhir tahun 2011, rutenya akan dikurangi menjadi lima rute, termasuk circle line di lintas tengah.

"Perubahan lima rute ini diharapkan tidak ada penyusulan dan tidak terjadi lagi crossing antar-KRL yang rutenya beda di lintas KRL komuter Jabodetabek," ujar Makmur Syaheran, Sabtu (18/6/2011), dalam jumpa pers di Stasiun Djuanda.

Lima rute yang efektif beroperasi pada akhir tahun 2011 tersebut yakni, rute pertama, Bogor-Manggarai-Tanah Abang-Duri-Jakarta Kota-Jatinegara. Rute kedua yaitu Parung-Panjang-Serpong-Tanah Abang. Kemudian, rute ketiga melewati Tangerang-Duri. Sementara rute keempat melintasi Tanjung Priok-Jakarta Kota, dan rute kelima melintasi Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Jakarta Kota.

Namun, sebelum lima rute ini diterapkan, Commuter Line tetap akan memiliki 37 rute. Selain itu, dalam sistem Commuter Line pada tanggal 2 Juli 2011 nanti, setiap KRL akan berhenti di tiap stasiun agar tidak akan ada penyusulan antar-KRL.

Seperti diberitakan, uji coba hari ini, Sabtu (18/6/2011), ditujukan untuk melihat kelancaran sistem KRL Commuter Line yang rencananya akan diterapkan permanen per 2 Juli. Program ini dibuat untuk mencapai target 1,2 juta penumpang per hari pada tahun 2019.

Adapun jumlah penumpang yang dapat diangkut saat ini baru sekitar 400.000 jiwa per hari. Nantinya, semua KRL akan memiliki waktu tempuh perjalanan yang sama, berhenti di stasiun yang sama, dan tidak dilakukan penyusulan antar-KRL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com