Kenapa Makanan Sehat Kurang Menarik?

Kompas.com - 21/06/2011, 17:59 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Masalah terbesar yang dimiliki oleh makanan sehat adalah jarang orang menyukainya. Tidak terkecuali perut kita. Penelitian menunjukkan perut mengirim sinyal "kurang puas" setelah kita menyantap makanan sehat.

Sebaliknya, setelah makanan yang sering dianggap kurang sehat, saraf kita mengirimkan sinyal rasa kenyang dan kepuasan. Demikian hasil riset yang dilakukan oleh Alia Crum dan timnya dari Yale University.

Dalam penelitiannya, Crum merekrut 46 partisipan yang diberitahu mereka dites untuk mengetahui respons tubuh pada dua minuman milkshake yang didesain dengan kandungan variasi nutrisi.

Padahal faktanya, minuman tersebut memiliki kandungan sama, tetapi satu minuman dideskripsikan tinggi lemak dan mengandung 620 kalori. Minuman ini diberi label "yang baik" dan dipromosikan "layak untuk diminum". Sementara itu, minuman satu lagi dideskripsikan rendah lemak dengan 140 kalori. Dalam label disebutkan "memberi kepuasan tanpa rasa bersalah".

Para partisipan diminta merasakan kedua milkshake dalam dua minggu secara terpisah sehingga mereka mampu membedakannya. Faktanya, setiap milkshake mengandung 380 kalori.

Kemudian, para peneliti mengambil contoh darah partisipan untuk mengetahui level ghrelin, hormon yang akan meningkat jika kita merasa lapar dan saat kenyang levelnya menurun. Ternyata, level ghrelin stabil ketika partisipan mengonsumsi minuman yang diberi label sehat. Ini berarti tubuh mereka tidak mengirim sinyal rasa puas atau kenyang setelah minum milkshake tersebut.

Para ahli menyimpulkan, ketika kita yakin telah mengonsumsi makanan yang rendah kalori, tubuh akan mengirim sinyal bahwa kita kurang puas dan masih lapar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.