Ereksi Optimal Kunci Kepuasan Seksual

Kompas.com - 23/06/2011, 11:21 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Sebagian besar pasangan suami istri di Asia menyatakan setuju bahwa tingkat kekerasan ereksi adalah faktor penting yang menentukan kepuasan dalam berhubungan seksual. 

Menurut survei seks terbaru bertajuk Ideal Sex Survey 2011 yang dilakukan Pfizer, sebanyak 79 persen pria dan 80 persen wanita menganggap ereksi adalah elemen terpenting untuk mendapatkan pengalaman seksual yang ideal. 

Survei ini melibatkan responden pria dan wanita yang aktif melakukan hubungan seksual di 10 negara Asia. Penelitian ini melibatkan 1.658 pria Asia, termasuk 220 pria di Indonesia dan 1.624 wanita Asia yang 200 di antaranya dari Indonesia.

Dr.Heru H.Oentoeng, Sp.And dari Asosiasi Seksologi Indonesia, menjelaskan hubungan seksual yang paling ideal adalah bertemunya kedua organ intim pasangan yakni penis dan vagina.

"Masak memerlukan variasi lain seperti lidah atau jari untuk mendapat kepuasan? Karena itu diperlukan ereksi yang tangguh," katanya dalam pemaparan survei tersebut di Jakarta (23/6/2011).

Dalam survey terungkap, pria dengan tingkat kekerasan ereksi  atau Erection Hardness Score (EHS) skala 4  - yang dianalogikan dengan timun - mengaku mereka sangat yakin melakukan hubungan seksual dibanding pria dengan nilai EHS 3 atau dianalogikan dengan sosis. Perbandingannya 50 persen versus 27 persen

Bukan hanya pria, kaum wanita dari pasangan pria EHS 4 ini juga mengatakan sangat puas dengan performa seksual pasangan mereka dibanding dengan pasangan dengan EHS 3 yang tingkat kekerasannya dianalogikan dengan sosis.

"Ereksi skor 3 atau sosis sebenarnya cukup keras, dan bisa dimasukkan tetapi kurang optimal dan masih 'lari'. Sementara kalau EHS 4 kerasnya sempurna dan pada tingkat yang menyenangkan," terang Heru.

Ia menjelaskan, pria dengan tingkat EHS 3 pada umumnya memiliki kondisi kesehatan yang buruk. "Jika sistem pembuluh darahnya baik, ereksinya juga bagus. Maka, jika ereksinya hanya level 3 pasti ada tanda-tanda penyakit di balik kondisi itu," paparnya.

Penjelasan Heru sejalan dengan hasil survei yang menyebutkan 62 persen pria yang mendeskripsikan dirinya berada di level EHS 4 mengatakan kondisi kesehatan mereka baik. Sedangkan pria dengan EHS 3 cenderung sakit-sakitan dan memiliki penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, obesitas, stroke dan disfungsi ereksi. Pria dengan ereksi EHS 4 juga memiliki kepercayaan diri lebih tinggi dibandingkan dengan pria EHS 3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.