Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Diet Lantaran Bosan?

Kompas.com - 30/06/2011, 09:43 WIB

KOMPAS.com - Saat mulai berdiet, Anda mungkin saja begitu bersemangat. Meski berat menjalaninya, Anda menganggap diet ini sebagai suatu petualangan baru. Anda antusias mempelajari hal-hal terbaru seputar makanan dan mencoba berbagai resep dan menu baru. Setelah beberapa minggu berlalu, kegembiraan ini mulai menguap. Menu sehat sudah berjalan, Anda juga tinggal mengikutinya saja. Tapi, lama-lama semua itu mulai kedodoran. Tanpa disadari, Anda pun kembali ke kehidupan sebelum diet. Kesimpulannya: Diet Anda gagal total!

Lalu, di mana sebenarnya letak kesalahannya? Sebenarnya bukan karena jenis makanannya, seperti gandum, daging ayam, dan sayur-sayuran, melainkan karena pengaturan menu Anda setiap hari. Jika Anda kerap menyantap makanan yang sama setiap hari, lama-lama Anda akan merasa tidak puas setelah memakannya. Dan, alih-alih berganti menu, mungkin yang Anda lakukan adalah memakannya dalam porsi yang semakin lama semakin besar. Atau, untuk membunuh rasa bosan, Anda mulai mencuri-curi untuk kembali menyantap makanan berkalori tinggi yang sudah ditinggalkan. Akhirnya, pertahanan Anda jebol dan cinta lama pun bersemi kembali!

Agar diet bisa sukses dan membuahkan hasil seperti yang diharapkan, ada baiknya Anda mengatur menu dengan lebih baik, sehingga lebih bervariatif. Coba lakukan hal ini untuk memberikan pengalaman makan baru bagi program diet Anda:

1. Olah bahan makanan yang sedang musim
Buah apa yang sedang musim? Coba beli dan jadikan makanan penutup. Atau coba juga mengolah resep makanan dari bahan yang sedang populer saat ini. Jangan ragu bereksperimen dengan mengadaptasi beberapa menu dari luar negeri dengan bahan-bahan yang tersedia di sini. Siapa tahu, Anda nanti bisa mendapatkan satu resep andalan sekaligus sehat.

2. Tambahkan bumbu
Bila masakan Anda sering terasa terlalu "datar", mungkin Anda perlu mencoba memasukkan beberapa jenis bumbu baru. Sekali lagi, Anda perlu bereksperimen dengan rasa dan resep, sehingga nantinya dapat memasak makanan yang enak sekaligus sehat. Coba tambahkan daun teh saat sedang memanggang ikan. Atau, tambahkan cincangan daun kemangi ke hidangan pasta. Berkenalan juga dengan bumbu-bumbu dari negara lain, seperti India atau Jepang, sehingga hidangan Anda jadi lebih variatif.

3. Tukar menu sarapan dan makan malam
Jadikan menu makan malam sebagai menu sarapan, dan sebaliknya. Tidak perlu terlalu terpaku pada aturan jenis makanan yang "pantas" dimakan di pagi, siang, dan malam hari. Yang terpenting adalah porsi hidangannya, dan juga apakah bahan yang Anda pakai adalah bahan yang sehat atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com