Agar Nyaman Latihan Yoga

Kompas.com - 16/07/2011, 20:08 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com — Yoga bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Bahkan saat merasa lelah ketika bekerja di kantor, Anda bisa mempraktikkan gerakan yoga di kursi kerja Anda. Hanya saja ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi agar latihan yoga lebih nyaman.

Praktisi dan pengajar yoga, Devi Asmarani, mengatakan, yoga bisa dilakukan di ruang tamu, di teras, di ruang terbuka seperti taman. Yoga tak harus dilakukan di studio khusus.

"Hanya saja pastikan ruangan cukup luas untuk bergerak, tetapi bukan berarti ruangan harus yang besar," jelasnya seusai peluncuran buku Yoga untuk Semua, Panduan Berlatih Yoga yang Lengkap dan Aman di toko buku Gramedia Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (16/7/2011).

Tempat

Devi menyebutkan, pastikan tempat yoga nyaman sebelum memulai latihan. Sirkulasi udara harus bagus dan kalau bisa tak perlu menggunakan AC, lanjutnya. Pastikan juga tempat yoga sejuk, tak terlalu dingin atau panas.

Agar nyaman melakukan gerakan yoga yang juga mengandalkan teknik pernapasan, sebaiknya latihan yoga dilakukan di tempat yang tidak berdebu. "Cari tempat yang tidak banyak gangguan seperti orang yang hilir mudik. Kalaupun ingin melakukan di taman misalnya, pastikan taman tersebut tidak terlalu ramai atau bising," katanya.

Khusus untuk di area umum seperti taman, Anda perlu mencari waktu yang tepat untuk berlatih yoga. Seperti waktu-waktu yang tak banyak pengunjung atau saat taman masih sepi.

Waktu
Selain pemilihan tempat yang baik, berlatih yoga tetap nyaman dilakukan dengan segenap kesadaran Anda, termasuk dalam pemilihan lama waktu latihan. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda. Jadi kenali diri Anda, jangan memaksakan diri jika memang tak suka atau tak bisa berlama-lama berlatih yoga.

"Yoga bisa dilakukan dengan durasi yang menyesuaikan dengan kemampuan personal. Dengan begitu, berlatih yoga akan terasa nyaman dan bukan dipaksakan. Namun agar hasilnya optimal, lakukan latihan yoga satu jam. Rata-rata studio yoga menerapkan durasi latihan 1-1,5 jam," kata Devi yang memiliki 500 jam terbang sebagai pengajar yoga.

Frekuensi
Soal frekuensi yoga dalam satu minggu, pilih yang nyaman menurut Anda. Kalau mau mencontoh Devi, anak bungsu dari empat bersaudara ini berlatih yoga enam kali dalam satu minggu.

"Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda. Latihan satu minggu sekali juga tidak apa-apa, tetapi semakin sering dampaknya akan semakin baik," kata perempuan yang memilih yoga sebagai cara menyembuhkan diri dari migrain, masalah pencernaan kronis, dan meninggalkan kebiasaan lamanya sebagai perokok berat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.