6 Latihan Menuju Hidup Sadar

Kompas.com - 25/07/2011, 16:55 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Disadari atau tidak, kita menghabiskan sebagian besar waktu yang dimiliki untuk tinggal di masa lalu atau melakukan antisipati untuk masa yang akan datang. Tak cukup banyak waktu tersisa untuk fokus pada masa sekarang.

Mungkin juga karena alasan kesibukan dan efisiensi saat ini Anda tengah membaca artikel ini sambil makan atau memikirkan apa yang akan dilanjutkan setelah ini. Kebiasaan ini akan membuat kita hidup tanpa kesadaran diri (mindfullness).

Meditasi merupakan cara terbaik untuk melatih kesadaran diri. Meditasi juga bisa menjadi hadiah paling indah bagi diri sendiri karena ketenangan yang timbul dari aktivitas ini akan membentuk kebahagiaan diri.

Anda juga bisa berlatih untuk membawa ketenangan dalam batin kita agar kita bisa belajar hidup di masa sekarang.

1. Satu tugas.

Melakukan sesuatu secara buru-buru dan multitasking mungkin hanya berguna untuk jangka pendek. Tetapi kebiasaan tergesa-gesa itu berarti kita tidak maksimal mengerjakan sesuatu. Cobalah untuk fokus pada satu tugas yang dihadapi dan lakukan secara hati-hati. Hal ini akan membantu kita lebih sadar dan membuat sebuah tugas lebih memuaskan.

2. Bangun lebih pagi.

Bangkitlah dari tempat tidur dan duduklah di lantai dengan menegakkan punggung dan mencoba rileks. Pejamkan mata dan rasakan setiap hembusan napas selama beberapa menit. "Latihan ini secara rutin tiap hari bisa menjadi semacam sistem peringatan dini sehingga kita siap menghadapi tantangan dan situasi stres," kata Martin Wilks, psikolog.

3. Makan dengan kesadaran.

Lihatlah waktu makan sebagai sesuatu yang menyenangkan. "Cobalah untuk menikmati sarapan tanpa membaca," kata Bodhipaksa, guru meditasi. Lihatlah apa yang terjadi saat kita memperhatikan makanan yang terhidang dan merasakan kembali pengalaman makan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X