Mengenal Jenis Puasa

Kompas.com - 31/07/2011, 03:39 WIB
Editor

Puasa jenisnya banyak sekali. Selain puasa wajib pada bulan Ramadhan, ada puasa sunah Senin-Kamis, yaitu puasa hanya pada hari Senin dan Kamis. Orang Jawa mengenal beberapa jenis puasa, seperti puasa mutih, yang hanya makan nasi putih dan minum air putih selama beberapa hari. Selain itu, masih ada puasa ngebleng, puasa ngrowot, dan sebagainya.

Hampir semua agama dan kepercayaan mengenal puasa. Umat Buddha menjalankan puasa atau yang mereka sebut dengan pantang. Dalam satu hari mereka hanya makan sayur dari pagi hingga siang hari. Setelah itu dilanjutkan dengan tidak makan dan minum hingga malam hari.

Dalam agama Hindu ada yang namanya upawasa, yaitu tidak makan dan tidak minum sepanjang hari. Teman-teman yang beragama Katolik mengenal puasa dengan makan kenyang satu kali sehari. Mereka juga mengenal puasa pantang 40 hari selama masa pra-Paskah (menjelang Paskah).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.