Menkes Kunjungi Azka

Kompas.com - 31/07/2011, 15:54 WIB
EditorInggried

BOGOR, KOMPAS.com — Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengunjungi Azka (4), pasien penyakit Gullain Barre Syandrome, yang dirawat di Rumah Sakit Azra di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/7/2011) sore. Penyakit yang diderita Azka terbilang langka. Terdapat satu kasus per 100.000 orang per tahun. Selain itu, biaya pengobatannya juga mahal.

"Karena orangtuanya pegawai negeri sipil (PNS), jadi mereka sebetulnya bisa menggunakan Askes. Hanya saja rumah sakit ini belum bekerja sama dengan PT Askes. Namun, saya sudah minta Askes agar ini menjadi perkecualian," tutur Endang seusai menjenguk Azka.

Menurut dia, penyakit ini disebabkan sistem auto immune yang menyerang saraf tepi sehingga pencegahannya sukar dicari. Namun, penyakit ini bisa dideteksi dengan kesemutan yang dimulai dari kaki, lalu naik ke tubuh bagian atas hingga menyebabkan kelumpuhan. Sementara itu, berdasarkan literatur, 80 persen penderita penyakit ini bisa sembuh walaupun memerlukan waktu yang cukup lama karena tergantung kemampuan tubuh penderita.

Azka sudah dirawat sejak 21 Juli di RS Azra. Hingga hari ini, orangtuanya sudah mengeluarkan Rp 100 juta.

Pasien GBS lainnya, Shafa, dirawat di RS Carolus, Jakarta. Ia dirawat sejak Oktober 2010 dan biaya perawatannya sudah mencapai Rp 600 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.