Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjaga Kebersihan Botol Minum

Kompas.com - 15/08/2011, 15:03 WIB

Kompas.com - Walau di pasaran banyak kemasan air sekali minum, tetapi botol air minum tetap memiliki penggemarnya sendiri. Jaga kebersihannya dengan mencucinya setiap hari.

Dalam memilih botol air yang bisa dipakai berulang hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk berolahraga, bersepeda, atau hanya diletakkan di meja kerja. Sesuaikan pula dengan kebiasaan Anda minum, misalnya melalui sedotan, ditenggak langsung, atau dituang dulu ke dalam gelas.

Sekali Anda memilih botol air dipakai ulang, menjaganya tetap bersih sangat penting untuk kesehatan, terutama untuk kita yang tinggal di tempat dengan kelembaban tinggi dimana bakteri lebih mudah tumbuh.

Bakteri sangat mudah berkembang biak pada botol air yang ditinggalkan di dalam mobil, minuman jus atau sport drink yang masih sedikit tersisa dan dibiarkan tergeletak beberapa waktu, atau tempat air yang disimpan di dalam tas berisi pakaian bekas olahraga.

"Harus diingat bahwa botol air sama seperti piring, gelas, serta peralatan makan lainnya di rumah. Mereka semua harus dibersihkan," kata Dr.Georges Benjamin, kepala American Public Health Association di Washington D.C, AS.

Botol air minum harus dicuci setiap hari, terutama jika bekas dipakai menampung minuman yang lengket seperti jus atau sport drink. Jika spons cuci piring tidak bisa menjangkau bagian botol, gunakan sikat botol untuk membersihkan setiap sudutnya, terutama di bagian dasar dan leher botol.

Benjamin mengingatkan, walaupun hanya diisi air putih, botol air tetap harus dicuci setiap hari. "Bahkan jika hanya air putih, bakteri tetap suka berkembang biak di dalamnya, terlebih kalau kita menyimpannya di dalam mobil yang panas. Mulut kita juga penuh dengan bakteri yang bisa berpindah ke dalam botol," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com