Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Kena Maag, ISPA, dan Diare

Kompas.com - 02/09/2011, 09:04 WIB

MERAK, KOMPAS.com — Mulai H-3 hingga H+2 Lebaran, tercatat 222 pemudik mendatangi Posko Kesehatan di Merak, Banten. Sebagian besar mengeluhkan infeksi saluran pernapasan akut dan maag.

Dokter di Posko Kesehatan Merak, Erwin Ilianka, Jumat (2/9/2011), menuturkan bahwa pemudik yang mengeluhkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) sebanyak 34 orang, maag dan mual 49 orang, sedangkan diare 12 orang. Selebihnya hipertensi 11 orang, iritasi mata 3 orang, gangguan kulit termasuk gatal dan alergi 5 orang, sakit jantung 1 orang, dan penyakit lainnya 84 orang.

Empat orang juga dibawa ke Posko Kesehatan karena kecelakaan. Satu orang harus dirujuk ke RSUD Cilegon karena stroke.

Erwin menjelaskan bahwa sebagian pemudik terkena ISPA karena pengaruh debu dan asap kendaraan. Kebanyakan dari mereka tidak memakai masker.

Sementara itu, pengemudi terserang maag karena dalam perjalanan jauh, mereka berangkat pada pagi hari dalam kondisi perut kosong. "Kebanyakan mengurus dan menyiapkan makanan untuk anak-anaknya, tetapi lupa untuk diri sendiri," tutur Erwin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com