Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

526 Calhaj Malang Masuk Kategori Risiko Tinggi

Kompas.com - 11/09/2011, 21:41 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 526 Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang akan berangkat tahun 2011, masuk kategori risiko tinggi dan rentan terhadap penyakit. Sebab mereka berusia di atas 60 tahun.

Hal tersebut disampaikan Kepala seksi (Kasi) Pemberangkatan haji dan umroh, Kementerian Agama Kabupaten Malang, Mukari, saat dihubungi via telepon, Minggu (11/9/2011). "Karenanya, bagi calon haji yang usianya di atas 60 tahun, pemeriksaan kesehatan akan diperketat untuk menghindari resiko tinggi," katanya.

Hingga kini, jelasnya, masih belum ada kebijakan pemberian rompi khusus bagi calon jamaah haji yang masuk kategori risiko tinggi tersebut. Sehingga, untuk mengecek kondisi kesehatan calon jamaah haji itu akan dilakukan secara ketat.

Adapun kuota jamaah haji untuk tahun 2011, di Kabupaten Malang, sebanyak 1775 calhaj. "Sejak pekan ini, hingga tanggal 17 September mendatang, calhaj sudah sedang menjalani tes kesehatan di 14 puskesmas, yang sudah ditunjuk. Kalau ditemukan adanya calhaj yang kondisi kesehatannya parah, maka akan dirujuk ke rumah sakit," jelasnya.

Untuk pemberangkatan calon jamaah haji Kabupaten Malang, diperkirakan pada 25 Oktober 2011 mendatang. "Namun, jadwalnya masih belum turun. Jadi itu hanya perkiraan saja," katanya.

Kuota untuk jamaah haji di seluruh Provinsi Jawa Timur, untuk tahun 2011, sebanyak 33.935 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com