Minum Susu Bisa Meninggikan Badan?

Kompas.com - 28/11/2011, 16:20 WIB
EditorDini

T:
Dokter yang terhormat, saya seorang mahasiswi 21 tahun, dengan tinggi 150 cm, berat badan 39 kg. Saya rajin minum susu tinggi kalsium dua gelas setiap hari, dan olahraga ringan seperti aerobik dua kali seminggu untuk menjaga kebugaran. Saya merasa kurang percaya diri dengan tinggi badan saya, karena menghalangi saya meraih pekerjaan impian. Di usia saya sekarang, masih dapatkah tinggi badan saya bertambah? Adakah usaha atau makanan yang dapat saya konsumsi untuk meningkatkan tinggi badan saya? Terima kasih. (Alina, 21, via e-mail)

J:
Dear Alina
Tinggi badan seorang remaja perempuan akan berhenti tumbuh pada usia 18 tahun. Saat ini usia Alina sudah 21 tahun, berarti pertumbuhan panjang tulang sudah selesai. Sampai saat ini belum ada cara yang aman dan dapat dipertanggungjawabkan secara medis untuk menambah tinggi badan setelah masa tumbuh selesai. Adapun hal-hal yang sebaiknya Aline lakukan untuk kesehatan tubuh dan tulang adalah:

1. Dari data berat dan tinggi badan, Alina termasuk pemilik berat badan kurang karena mempunyai indeks massa tubuh (IMT) 17,3 kg/m2 (normal 18,5-22,9 kg/m2). J,adi sebaiknya Alina naikkan berat badan menjadi 42-45 kg.

Rumus menghitung IMT = berat badan (kg): tinggi badan (m)2.

2. Konsumsi makanan dengan gizi lengkap dan seimbang, terutama untuk mencapai massa tulang yang optimal agar tidak cepat terjadi osteoporosis atau keropos tulang, seperti:
* protein, yang banyak ditemukan pada daging, ikan, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.
* kalsium pada susu, keju, ikan teri, ikan, bayam, brokoli, dan lain sebagainya.
* phosphor pada keju, sereal, daging sapi, yoghurt, dan lain sebagainya.
* magnesium pada ikan, buah-buahan, dan sayur-sayuran
* vitamin D ditemukan pada sinar matahari, susu, ikan, keju, sereal
* vitamin K pada bayam, kembang kol, brokoli
* mineral Zn banyak pada makanan laut, daging ayam, daging sapi, sosis, dan lain sebagainya.
* olahraga teratur 3-5 kali seminggu selama minimal 30 menit.

Selamat mencoba, ya....

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.