Lampu Meja, "Teman Tidur" yang Setia

Kompas.com - 12/01/2012, 11:36 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Di luar perannya menyumbang keindahan bagi ruangan, lampu di samping tempat tidur, baik berupa lampu di atas nakas atau lampu tempel di dinding, memiliki sejumlah fungsi. Lampu ini bukan sekadar hiasan.

Pertama, lampu ini berguna untuk membaca, terutama untuk Anda yang suka membaca sebelum tidur. Anda akan membutuhkan lampu ini pada kondisi saat Anda masih ingin membaca, sementara pasangan sudah ingin tidur.

Kedua, lampu di samping tempat tidur juga berguna untuk melihat dalam gelap. Misalnya, saat Anda terbangun di malam hari dan ingin melihat jam tangan yang Anda letakkan di atas nakas, Anda tinggal menghidupkan lampu meja.

Ketiga, lampu berfungsi sebagai alat penerangan yang bisa Anda nyalakan pertama kali saat ingin beranjak dari tempat tidur, pada waktu tengah malam atau dini hari. Bila Anda menyalakan lampu utama, kemungkinan malah mengganggu pasangan atau anak yang masih tidur dengan lelap.

Lampu meja biasanya memiliki tombol on/off yang dekat dengan lampunya. Ini berbeda dengan lampu general yang terpasang di plafon, dengan tombol on/off terletak pada dinding. Letak tombol yang dekat akan membantu Anda saat terbangun pada malam hari. Bayangkan, bila kondisi kamar gelap dan nekat berjalan maka bisa tersandung. Namun, dengan menghidupkan lampu di samping tempat tidur, akan membantu penerangan sebelum menuju saklar utama.

Untuk memenuhi fungsi kegiatan membaca, sebaiknya memilih lampu dengan "kepala" yang bisa digerakkan, sehingga membantu menerangi bacaaan Anda. Bila Anda membutuhkan untuk "teman tidur" karena tidak suka kamar yang gelap gulita, Anda perlu memilih lampu yang bisa diatur tingkat terangnya. Namun, apapun jenisnya, yang terpenting tombol lampu harus bisa dijangkau tanpa membuat Anda bangun dari tempat tidur. (Made Mardiani Kardha)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.