Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Bayi Berjerawat, Lakukan Ini

Kompas.com - 18/01/2012, 09:53 WIB

KOMPAS.com - Penyakit kulit seperti jerawat ternyata tidak hanya menjadi problem para remaja dan orang dewasa saja, tetapi juga anak bayi. Namun jangan khawatir. Pasalnya, jerawat pada bayi itu akan hilang dengan sendirinya dan hanya bersifat sementara.

Jerawat bayi atau baby acne biasanya muncul di pipi, dagu dan dahi. Hal ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan dan bukan karena masalah hormonal. Beberapa kasus menunjukkan bahwa baby acne lebih sering terjadi pada anak laki-laki.

Perawatan dan Pengobatan

Karena dapat hilang atau sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu, maka tidak ada anjuran pengobatan medis yang spesifik untuk mengobati jerawat bayi. Para ahli menyimpulkan bahwa baby acne bukanlah suatu kondisi yang serius dan tidak membahayakan kehidupan bayi, meski berlangsung cukup lama. Tetapi jika jerawat pada bayi Anda susah dihilangkan, dokter umumnya akan merekomendasikan pemberian krim atau pengobatan lainnya.

Yang harus dilakukan

* Pastikan wajah bayi bersih. Rutinlah mencuci muka bayi anda dengan air hangat dua atau tiga kali sehari. Untuk bayi dengan jerawat, gunakan sabun pelembab wajah yang ringan (mild moisturizing) selama beberapa kali dalam seminggu dan bilas dengan air hangat.

* Keringkan wajah bayi dengan lembut. Usahakan agar kulit wajah wajiah bayi Anda tetap dalam kondisi kering.

* Jangan mencubit atau menggosok jerawat. Mencubit atau terlalu sering menggosok jerawat pada wajah bayi dapat menyebabkan iritasi lebih lanjut atau infeksi.

* Hindari penggunaan lotion atau minyak pada kulit bayi Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com