Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencegah Serangan Jantung, Stroke, dan Gagal Ginjal

Kompas.com - 23/02/2012, 14:37 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buku "Serangan Jantung, Stroke, Gagal Ginjal, Bisa Dicegah" tulisan dr Handrawan Nadesul merupakan satu dari empat buku yang akan terbit berseri. Isi buku ini dipilah dokter Handrawan dari himpunan tulisannya perihal berbagai topik masalah kesehatan yang berkembang di Indonesia.

Buku setebal 238 halaman plus 10 halaman tambahan ini diterbitkan pada bulan Februari 2012 oleh Penerbit Buku Kompas (PBK). Dr Handrawan Nadesul lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya Jakarta dan lulus ujian negara di FK Universitas Indonesia tahun 1981, merupakan pengasuh rubrik kesehatan di sejumlah media massa.

Menurut dr Handrawan dalam kata pengantarnya, semua tulisan dengan topik beragam ini masih relevan untuk semua pembaca dengan kondisi kesehatan rata-rata masyarakat Indonesia saat ini. Setiap topik membahas sebuah kasus serta penyakit yang melatarinya secara lebih paripurna.

Bukan saja soal apa siapa penyakitnya, tetapi juga cara mencegahnya agar pembaca dapat memahami dan melaksanakan apa yang diungkapkan, tidak sampai terlaanjur menimpa kita semua.

Dalam buku ini, dr Handrawan Nadesul mengingatkan lagi, dalam soal kesehatan jangan pernah lupa pada prinsip penting ini: penyakit itu jauh lebih baik dicegah daripada diobati. Karenanya, sebelum telanjut menjadi korban, langkah-langkah preventif sebaiknya segera dilakukan. Jangan beri peluang sedikit pun penyakit menyerang dan membuat kita menderita lahir batin.

Buku ini dirancang khusus menjadi bacaan siapa saja yang bertekad ingin terhindar dari serangan jantung, stroke, gagal ginjal, tiga sekawan penyakit yang bisa merampas kebahagiaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com