Peraloxe, Harapan Baru Bagi Penderita Diabetes

Kompas.com - 07/03/2012, 18:00 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MEDAN, KOMPAS.com - Dunia kedokteran semakin maju, antara lain dengan ditemukannya obat yang dapat menyembuhkan luka atau infeksi kulit. Satya Dharsan, CEO Onasen UK Limited, adalah orang yang menemukan formulasi obat luka peraloxe.

Peraloxe adalah obat yang berbahan dasar minyak zaitun dan minyak kernel (biji kelapa sawit). Penelitian untuk produk ini telah dilakukan selama 14 tahun.

Saat ini PT Onasen Indonesia yang merupakan anak perusahaan Onasen UK Limited, telah sampai pada tahap 3 penelitian klinis yang dilakukan oleh Universitas Sumatera Utara (Medan).

Penelitian lebih  lanjut sedang  di lakukan oleh USU yang akan bekerja sama dengan Veeda, sebuah Clinical Research Organization (CRO) yang telah memiliki akreditasi dari FDA (USA), MHRA (UK) dan beberapa badan dunia lainnya.

Ketua tim peneliti dari USU, Dr Lia Kusumawati M.Biomed SpMK(K), Rabu (7/3/2012), mengatakan,  Onasen UK Limited (UK) sendiri telah menerima konfirmasi atas Intelectual property yang telah diberikan oleh Intelectual Property Agency (IPO).

Dengan demikian, semua penemuan yg telah dilakukan Satya Dharshan telah dipatenkan  pada kantor tersebut.

Menurut Lia, formulasi obat ini mampu menyembuhkan berbagai luka dan infeksi luar. Dalam beberapa eksperimen pada luka yang diderita pengidap penyakit kencing manis (diabetetes militus), obat ini sangat efektif menumbuhkan sel baru. Dengan demikian, anggota tubuh pengidap diabetes tidak perlu diamputasi.

"Obat ini telah kami uji coba juga pada tahun 2004 kepada korban tsunami melanda Aceh. Hasilnya sangat bagus," kata Satya.          

Obat ini, lanjutnya, belum dijual bebas. Namun, masyatakat yang membutuhkannya dapat memperoleh secara gratis. Untuk masyarakat Medan dan sekitarnya, dapat menghubungi Fakultas Kedokterasn USU.  

"Saya ingin, obat ini nanti menjadi obat yang mendampingi keseharian masyarakat untuk menyembuhkan luka," ujar Satya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.