Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peraloxe, Harapan Baru Bagi Penderita Diabetes

Kompas.com - 07/03/2012, 18:00 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Dunia kedokteran semakin maju, antara lain dengan ditemukannya obat yang dapat menyembuhkan luka atau infeksi kulit. Satya Dharsan, CEO Onasen UK Limited, adalah orang yang menemukan formulasi obat luka peraloxe.

Peraloxe adalah obat yang berbahan dasar minyak zaitun dan minyak kernel (biji kelapa sawit). Penelitian untuk produk ini telah dilakukan selama 14 tahun.

Saat ini PT Onasen Indonesia yang merupakan anak perusahaan Onasen UK Limited, telah sampai pada tahap 3 penelitian klinis yang dilakukan oleh Universitas Sumatera Utara (Medan).

Penelitian lebih  lanjut sedang  di lakukan oleh USU yang akan bekerja sama dengan Veeda, sebuah Clinical Research Organization (CRO) yang telah memiliki akreditasi dari FDA (USA), MHRA (UK) dan beberapa badan dunia lainnya.

Ketua tim peneliti dari USU, Dr Lia Kusumawati M.Biomed SpMK(K), Rabu (7/3/2012), mengatakan,  Onasen UK Limited (UK) sendiri telah menerima konfirmasi atas Intelectual property yang telah diberikan oleh Intelectual Property Agency (IPO).

Dengan demikian, semua penemuan yg telah dilakukan Satya Dharshan telah dipatenkan  pada kantor tersebut.

Menurut Lia, formulasi obat ini mampu menyembuhkan berbagai luka dan infeksi luar. Dalam beberapa eksperimen pada luka yang diderita pengidap penyakit kencing manis (diabetetes militus), obat ini sangat efektif menumbuhkan sel baru. Dengan demikian, anggota tubuh pengidap diabetes tidak perlu diamputasi.

"Obat ini telah kami uji coba juga pada tahun 2004 kepada korban tsunami melanda Aceh. Hasilnya sangat bagus," kata Satya.          

Obat ini, lanjutnya, belum dijual bebas. Namun, masyatakat yang membutuhkannya dapat memperoleh secara gratis. Untuk masyarakat Medan dan sekitarnya, dapat menghubungi Fakultas Kedokterasn USU.  

"Saya ingin, obat ini nanti menjadi obat yang mendampingi keseharian masyarakat untuk menyembuhkan luka," ujar Satya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com