Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Fitnes Gratis Rame-rame!

Kompas.com - 18/03/2012, 11:46 WIB

KOMPAS.com - Katanya sih, ikut kelas RPM (rhythm of powerful music) itu asyik karena bisa membakar banyak kalori. Kabarnya, Pilates itu lagi ngetren, jadi pingin tahu seperti apa gerakannya. Gosipnya, Muaythai itu bisa melepas stres, karena kita bisa menendang dan memukul dengan bebas.

Nah, jika Anda sudah membayangkan segala keriaan dalam aktivitas latihan-latihan seperti di atas, sekarang saatnya Anda mencoba langsung. Fitness First menggelar International Fitness Week 2012 secara serentak di sembilan negara, termasuk Indonesia. Kampanye yang berlangsung mulai 19-25 Maret 2012 (seminggu penuh) ini bisa diikuti masyarakat umum, baik yang member maupun yang bukan, secara gratis. Pekan kebugaran internasional ini mengusung tema "Get Moving" ("Ayo Gerak"), dan menggandeng mantan personel Spice Girls, Melanie Brown, sebagai dutanya.

Acara ini diselenggarakan karena keprihatinan akan gaya hidup tidak aktif yang terjadi pada warga kota besar, khususnya Jakarta. "Warga Jakarta saat ini makin mendukung sedentary lifestyle, akibat kemacetan, panas, tempat untuk bergerak yang semakin minim. Belum lagi kita semakin dimanjakan oleh teknologi, yang membuat kita tak perlu lagi bergerak untuk berkomunikasi dengan orang lain," ujar Julia Nurdin, Marketing Manager Fitness First Indonesia, saat peluncuran kampanye di Fortice, Sentral Senayan, Jakarta, Kamis (15/3/2012) lalu.

Gaya hidup tidak aktif menimbulkan apa yang disebut sebagai sitting disease. Penderitanya memiliki tingkat aktivitas fisik yang sangat rendah, dimana pembakaran energinya tidak lebih dari 1,5 kali pembakaran energi saat beristirahat. Ketidakaktifan fisik tidak bisa diremehkan, karena merupakan penyebab ke-4 kematian di dunia. Data Riskesdas dan WHO menyebutkan, setiap tahun terjadi 3,2 juta kasus kematian, 70.000 kematian dini bagi orang berusia di bawah 60 tahun di seluruh dunia, dan 90 persen kecacatan sebelum usia 60 tahun di negara-negara berkembang.

Dengan fakta tersebut, Fitness First ingin mengajak seluruh masyarakat untuk mulai membiasakan gaya hidup aktif, dan menunjukkan bahwa olahraga itu sangat menyenangkan! Untuk membuktikannya, Anda dipersilakan mencoba sendiri kelas-kelas berkelompok (group exercise) dengan jadwal berikut ini:
* Senin (19/3/2012): Great Shape, Better Stamina, yaitu latihan untuk meningkatkan stamina dan membentuk tubuh dengan kegiatan seperti Body Combat, Body Attack, Body Step, dan Body Pump.
* Selasa (20/3/2012): Let's Dance, latihan untuk membakar kalori diiringi lagu-lagu, dengan latihan Sh'bam, Body Jam, dan Hip Hop.
* Rabu (21/3/2012): Good Core, Good Life, acara bincang-bincang tentang karier di industri kebugaran, diikuti latihan untuk menguatkan bagian inti tubuh (core), yaitu Body Vive.
* Kamis (22/3/2012): Flexibility, latihan untuk mendapatkan tubuh yang lentur dan postur yang baik, melalui Yoga, Body Balance, Dynamic Flow, dan Gentle Flow.
* Jumat (23/3/2012): Muaythai, latihan kickboxing yang mampu membakar hingga 700 kalori per jam (dilakukan bersama personal trainer).
* Sabtu (24/3/2012): RPM, latihan mengayuh sepeda statis diiringi musik yang dinamis, yang dalam satu jam bisa membakar 500 kalori.
* Minggu (25/3/2012): Outdoor Challenge, memanfaatkan momen Car Free Day. Anda akan diajak mengikuti fun run, freestyle team training, dan berbagai kelas berkelompok lain.

Berdasarkan pengalaman saat International Fitness Week tahun lalu, menurut Julia kelas RPM biasanya paling diminati. Sejak Fitness First memperkenalkan Muaythai kepada para member-nya Desember 2011 lalu, seni bela diri dari Thailand ini juga sangat digemari. Karena itu Julia menduga, Muaythai juga akan diminati dalam kampanye kebugaran kali ini.

"Animonya cukup tinggi, dan di luar dugaan, banyak kaum perempuan yang berminat. Secara global, latihan ini memang digemari kaum wanita, ibu-ibu rumah tangga, yang sehari-hari mengalami stres. Ketika mereka punya waktu 45 menit untuk legally punch and kick someone, mereka senang sekali," ujar Julia sambil tersenyum.

Jika Anda berminat untuk mengikuti kegiatan ini, silakan mendapatkan free pass selama seminggu dengan mengunduhnya di situs www.internationalfitnessweek.com, atau kunjungi langsung klub-klub Fitness First di Grand Indonesia, Pacific Place, Senayan City, Oakwood Kuningan, Taman Anggrek, Cibubur Junction, Plaza Semanggi, dan Pluit Village.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com