Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Kecanduan Rokok Berontak di Komnas PA

Kompas.com - 19/03/2012, 17:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menerima seorang anak bernama IH (8) asal Sukabumi yang diketahui mengalami adiksi tembakau tingkat tinggi sejak umur 4 tahun.

Anak tersebut akan mendapat rehabilitasi medis dan psikologis hingga kondisi pulih.

Ia datang ke Komnas PA sekitar pukul 12.30 WIB didampingi oleh kedua orangtuanya Umar (40) dan Rena (35) serta Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah Sukabumi, Dr. Adrialti Syamsul.

Sebelum proses penyerahan IH untuk direhabilitasi, sang anak sempat dibawa ke ruangan khusus. Namun, ia langsung berontak sambil berteriak, "Mana rokoknya, mana rokoknya."

Peristiwa tersebut pun menarik perhatian para wartawan yang sebelumnya memang menunggu kedatangan bocah tersebut. Ulah bocah tersebut pun membuat sang orang tua dan para staf Komnas PA kewalahan.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait pun sempat mendapat tamparan di wajahnya karena perilaku agresif IH saat dibujuk untuk bersikap tenang.

Akhirnya, Arist pun menugaskan stafnya untuk membawa sang anak untuk dibawa ke suatu tempat agar kondisinya tenang.

Sebungkus rokok yang disembunyikan di dalam mobil pun berhasil didapat sang anak. Setelah berhasil menggenggam sebungkus rokoknya, perilakunya pun mulai tenang.

Arist mengungkapkan, perilaku si bocah yang cenderung agresif tersebut merupakan akibat dari zat adiktif pada tembakau.

"Dia langsung berontak di luar dugaan kita. Sejak awal kita tidak mau memberikan rokok. Tadinya saya di dalam dan enggak mau diekspos. Tahunya dia keluar. Ini sudah bukan masuk ke dalam adiksi saja tapi sudah seperti sakaw," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com