Cara Memilih Pasta Gigi yang Tepat

Kompas.com - 10/05/2012, 10:07 WIB
EditorAdministrator

TANYA:

Dok saya ingin bertanya tentang cara memilih pasta gigi yang tepat.  Untuk hasil yang terbaik, apa saja kriteria dalam memilih pasta gigi? Mana yang lebih baik, pasta gigi mengandung deterjen atau bebas deterjen? Apakah di setiap tahapan usia harus menggunakan pasta gigi yang berbeda?

Chandra (36), Ciledug

JAWAB:

Terima kasih untuk pertanyaannya. Menurut penelitian, pasta gigi memiliki peran penting dalam menghilangkan plak gigi. Beberapa kandungan utama yang sebaiknya dimiliki pasta gigi adalah bahan abrasif yang berfungsi menghilangkan plak dan pewarnaan pada gigi, serta fluoride yang berfungsi mengembalikan mineral gigi yang hilang (remineralisasi).

Sedangkan kandungan penting lainnya adalah agen antibakteri seperti triclosan, serta agen remineralisasi lainnya seperti kalsium fosfat. Kandungan deterjen pada pasta gigi hanya memberikan efek berbusa pada pasta gigi. Deterjen yang paling populer digunakan adalah Sodium Lauryl Sulfate (SLS), namun dilaporkan dapat menyebabkan sariawan pada mulut.

Pasta gigi yang digunakan untuk anak dan dewasa berbeda. Perbedaannya terletak pada kandungan fluoride-nya. Pasta gigi yang aman untuk anak-anak mengandung fluoride sebanyak 250-500 ppm, dengan catatan jangan sampai tertelan oleh anak. Sedangkan untuk dewasa kandungan fluoride maksimum adalah 1000 ppm. Untuk menghasilkan kesehatan gigi yang optimal, penggunaan pasta gigi harus didukung dengan teknik menyikat gigi yang benar dan waktu yang tepat.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.