Kompas.com - 13/08/2012, 09:13 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ada banyak faktor yang bisa membuat daya tahan tubuh melemah, sebut saja kurang tidur, stres, pola makan sembarangan, hingga kelelahan. Menjelang masa mudik Lebaran ini, jangan sampai Anda terserang penyakit gara-gara daya tahan tubuh melemah. Tingkatkan dengan makanan berikut ini:

1. Tiram
Makanan laut ini lebih terkenal sebagai afrodisiak alias peningkat gairah seks. Padahal, kandungan mineral zinc di dalamnya juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Zinc terbukti memiliki efek antivirus.

2. Semangka
Selain menyegarkan dan menghilangkan dahaga, buah berwarna merah ini kaya akan antioksidan glutahione yang dikenal kuat melawan infeksi.

3. Kol
Sayuran ini merupakan sumber penguat imun glutamin. Berbagai jenis sayuran kol juga mengandung nutrisi yang baik dan antioksidan.

4. Kacang almond
Ingin mengurangi stres? Konsumsi saja segenggam kacang almond. Takaran seperempat cangkir kacang ini sudah bisa memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin E harian, yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Almond juga kaya akan riboflavon dan niacin, vitamin B yang punya efek menurunkan gejala stres.

5. Yogurt rendah lemak
Konsumsi yogurt setiap hari akan mengurangi risiko tertular flu. Kekebalan tersebut berasal dari bakteri baik yang terkandung di dalamnya yang akan memicu kekebalan tubuh. Selain itu kandungan vitamin D dalam yogurt juga terbukti meningkatkan kekebalan.

6. Bawang putih
Bumbu yang satu ini juga populer sebagai obat. Ia kaya akan antioksidan dan terbukti mampu membunuh H.pylori, bakteri yang memicu sakit mag dan kanker lambung.

7. Bayam
Dikenal juga sebagai makanan super, bayam kaya akan nutrisi seperti asam folat yang akan membantu tubuh memproduksi sel-sel baru dan memperbaiki DNA. Sebaiknya bayam tidak dimasak terlalu lama sebelum dikonsumsi.

8. Teh
Teh hijau atau hitam? Keduanya sama-sama mengandung polifenol dan flavonoid yang efektif melawan radikal bebas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.