Kompas.com - 10/09/2012, 07:45 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, saya ingin bertanya. Bagaimanakah cara mendeteksi kepribadian ganda? Apakah ada tes atau metode mudah mendeteksi masalah ini? Saya adalah orang yang sering mengalami hal semacam menyalahkan diri saya yang bernama Edi. Dan ketika  saya mengaku dengan nama lain, sifat saya berubah misalnya dari pemalu menjadi berani. Bahkan saya sering mengobrol sendiri dengan salah satu sisi itu untuk menjawab pertanyaan saya. Seringkali salah satu menasehati, yang satu penurut, yang satu tidak terima, dsb. Mohon jawabannya ya Dok.

(Edi, 20, Bandung)


JAWAB :

Edi yang baik,

Jika anda mengalami kepribadian ganda, maka anda tidak akan mungkin bisa menceritakan kepada saya seperti apa yang anda ceritakan di surat anda. Orang dengan kepribadian ganda tidak akan menyadari perpindahan kepribadiannya tersebut. Orang itu akan secara otomatis saja "berubah" kepribadiannya.

Orang lain yang akan menyadari kondisi yang dia alami. Apa yang terjadi pada Edi lebih kepada suatu fantasi akan adanya suatu kepribadian lain yang secara umum berbeda dengan apa yang saat ini Edi rasakan.

Edi merasakan bahwa ada keinginan terpendam untuk menjadi karakter itu tetapi di lain pihak, kotak terhadap realita masih terjaga sehingga hanya bisa mengkhayalkannya. Ada yang kita sebut "suara hati" yang kadang saling bertentangan untuk suatu masalah atau kondisi yang kita hadapi. Itulah yang bisa terjadi pada banyak orang.

Semoga bisa membantu Edi.
Salam Sehat Jiwa

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.