Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2012, 07:45 WIB

TANYA :

Dok, saya ingin bertanya. Bagaimanakah cara mendeteksi kepribadian ganda? Apakah ada tes atau metode mudah mendeteksi masalah ini? Saya adalah orang yang sering mengalami hal semacam menyalahkan diri saya yang bernama Edi. Dan ketika  saya mengaku dengan nama lain, sifat saya berubah misalnya dari pemalu menjadi berani. Bahkan saya sering mengobrol sendiri dengan salah satu sisi itu untuk menjawab pertanyaan saya. Seringkali salah satu menasehati, yang satu penurut, yang satu tidak terima, dsb. Mohon jawabannya ya Dok.

(Edi, 20, Bandung)


JAWAB :

Edi yang baik,

Jika anda mengalami kepribadian ganda, maka anda tidak akan mungkin bisa menceritakan kepada saya seperti apa yang anda ceritakan di surat anda. Orang dengan kepribadian ganda tidak akan menyadari perpindahan kepribadiannya tersebut. Orang itu akan secara otomatis saja "berubah" kepribadiannya.

Orang lain yang akan menyadari kondisi yang dia alami. Apa yang terjadi pada Edi lebih kepada suatu fantasi akan adanya suatu kepribadian lain yang secara umum berbeda dengan apa yang saat ini Edi rasakan.

Edi merasakan bahwa ada keinginan terpendam untuk menjadi karakter itu tetapi di lain pihak, kotak terhadap realita masih terjaga sehingga hanya bisa mengkhayalkannya. Ada yang kita sebut "suara hati" yang kadang saling bertentangan untuk suatu masalah atau kondisi yang kita hadapi. Itulah yang bisa terjadi pada banyak orang.

Semoga bisa membantu Edi.
Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com