Kompas.com - 11/09/2012, 16:44 WIB
EditorHesti Pratiwi

T:
Saya mudah emosi. Bagaimana caranya agar saya lebih tenang, tidak mudah panik dan emosi? (Kartiko, via e-mail)

J:
Mas Kartiko yang baik hati,

Tahukah Anda, apa perbedaan antara orang yang merugi dengan orang yang bijaksana? Orang yang merugi adalah orang yang tidak berusaha mengenal dirinya sendiri apalagi berusaha meningkatkan dirinya menjadi seseorang yang lebih baik.

Sementara itu, orang yang bijaksana adalah orang yang berusaha mengenal dirinya sendiri sambil terus berusaha meningkatkan dirinya menjadi seseorang yang lebih baik sepanjang hidupnya.

Dan tahukah Anda, terlepas dari kenyataan saat ini bahwa Anda adalah seorang yang emosional, Mas Kartiko adalah seseorang yang bijaksana? Jika Anda belum menyadari akan hal ini, maka sekaranglah saatnya Anda mengucapkan puji syukur. Anda berusaha mengenal diri Anda serta terus berusaha meningkatkan diri Anda menjadi seorang Kartiko yang lebih baik.

Pertanyaannya, bagaimana caranya agar Anda menjadi seorang Kartiko yang lebih tenang, tidak mudah panik dan tidak mudah emosi? Sebuah pertanyaan yang menarik untuk kita jawab bersama. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan :

Pertama,  menunda amarah. Maksudnya, ketika Anda terpancing emosi, tundalah amarah Anda dengan cara :
1. Menarik napas dalam-dalam hingga terasa ke perut dan membuangnya perlahan melalui hidung, atau
2. Minum segelas air putih atau menelan air ludah (jika air putih tidak tersedia)
3. Memindahkan pandangan Anda dari wajah orang yang membuat Anda emosi

Hal kedua, rajinlah menerapi diri sendiri. Caranya: ketika makan ataupun minum nikmatilah benar-benar makanan atau minuman tersebut. Hindari pikiran yang melayang-layang terutama hal-hal yang membuat Anda emosi.

Ketiga, rajin berolah raga seperti renang, jogging, bersepeda dan sebagainya.

Keempat, meningkatkan rasa syukur atas setiap kebaikan yang Anda lakukan serta kenikmatan yang Anda dapatkan.

Kelima, lakukan kelima hal tersebut diatas secara konsisten. Dalam waktu yang tak terduga, Anda akan terharu bahagia atas pencapaian yang Anda dapatkan.

Selamat menjadi seorang Kartiko yang lebih bijaksana!
 
Ainy Fauziyah, CPC
Motivator & Leadership Coach

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.