Kompas.com - 02/10/2012, 09:03 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Kegiatan olahraga yang kita pilih hendaknya disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan juga target yang ingin diraih. Berenang adalah salah satu jenis olahraga kardio yang direkomendasikan karena minim risiko dan efektif membakar kalori.

Simak 4 alasan utama mengapa Anda sebaiknya tidak malas berolahraga air ini.

1. Menguatkan seluruh otot

Tak banyak jenis olahraga yang mampu mengencangkan seluruh bagian tubuh tanpa harus menghabiskan waktu seharian di pusat kebugaran. Dengan berenang, bukan hanya otot punggung dan tangan saja yang makin kuat, melainkan juga bagian batang tubuh (core) ikut terlatih. Semua bisa dilakukan tanpa perlu mengangkat berat tubuh.

2. Low impact

Berenang adalah olahraga dengan benturan rendah (low impact) sehingga cocok dilakukan oleh mereka yang baru pulih dari cedera dan ingin kembali membangun kekuatan. Jika lari menjadi olahraga kegemaran Anda, maka berenang adalah pilihan tepat keesokan harinya sehingga lutut bisa berisitrahat.

3. Bikin panjang umur

Sebuah penelitian menunjukkan olahraga ini bisa menjadi cara untuk memperpanjang umur. Kelompok perenang memiliki risiko kematian 50 persen lebih rendah ketimbang mereka yang hidupnya pasif alias tak pernah berolahraga.

4. Menyenangkan

Renang adalah jenis olahraga yang banyak membakar kalori tanpa perlu berkeringat. Meski bukan anak-anak, bermain air di kolam renang juga akan membuat kita merasa lebih bebas dan bahagia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.