Kompas.com - 12/10/2012, 16:23 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Kemajuan teknologi berhasil meningkatkan fungsi kutang alias bra bagi kaum wanita. Bukan cuma menyangga dan menutupi payudara, para ilmuwan kini menciptakan kutang yang sekaligus mendeteksi kanker payudara.

Menangkap kanker payudara sedini mungkin sangat penting untuk memperbesar peluang kesembuhan. Ada berbagai cara mendeteksi kanker payudara, mulai dari pemeriksaan payudara sendiri hingga mamogram dan USG.

Namun, metode pemeriksaan konvensional seperti mamogram saat ini menimbulkan perdebatan karena paparan radiasi dan keakuratannya.

Sebuah perusahaan di Amerika Serikat menciptakan sebuah alat sensor yang bisa dimasukkan ke dalam bra untuk membantu mendeteksi kanker. Kutang pintar tersebut diklaim bisa mendeteksi tumor berukuran kecil dan akurat sehingga penggunanya bisa segera mencari bantuan dokter.

Cara kerja alat tersebut adalah mengukur perubahan suhu sel yang disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah, kondisi yang dikaitkan dengan perkembangan tumor.

Sensor tersebut juga mengandung perangkat lunak yang menggunakan pola pengenalan, kronologi, dan kecerdasan untuk mengenali perubahan di jaringan payudara yang mengindikasikan adanya tumor. Peluncuran bra pintar ini ditargetkan pada tahun 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.