Kompas.com - 21/11/2012, 13:15 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Gigi pertama anak biasanya muncul pada usia sekitar 6 bulan. Munculnya gigi pertama ini sangat bervariasi antara bayi yang satu dengan bayi lainnya. Umumnya gigi susu anak sudah lengkap di usia 3 tahun.

Gigi susu anak berjumlah 20 buah. Normalnya, setiap gigi susu akan berganti dengan gigi tetap yang mulai tumbuh pada usia antara 4,5 tahun sampai 8 tahun. Namun rata-rata anak mulai kehilangan gigi susu di usia 6 tahun.

Gigi susu yang tanggal terlalu dini bisa menimbulkan risiko tertentu, antara lain tertutupnya ruang di tempat gigi tanggal sehingga nantinya tidak cukup ruangan untuk gigi permanen yang akan muncul. Selain itu gigi yang ompong terlalu lama bisa mengubah bentuk gigitan karena ada celah di mulut.

Untuk menjaga agar susunan gigi permanen anak dalam kondisi rapi, orangtua bisa mengajak anak ke dokter gigi dan melakukan rontgen gigi sehingga bisa dilihat di mana posisi gigi permanen sekarang.

Tersedianya ruangan yang cukup akan membuat gigi permanen tumbuh pada tempatnya sehingga kemungkinan gigi anak bertumpuk atau tonggos bisa dicegah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.