Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2012, 12:14 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Yang satu merekomendasikan agar kita mandi dengan air dingin setelah minum kopi hitam, yang lain melarang Anda makan setelah pukul tujuh malam atau mengharamkan karbohidrat. Itu merupakan sedikit dari anjuran fad diets (diet jangka pendek) yang diklaim lebih cepat melangsingkan badan.

Tetapi sebelum Anda terbawa arus, teliti dengan baik dan rasional supaya tidak tersesat dalam informasi upaya pelangsingan yang salah.

Asosiasi Diet Inggris mengatakan bahwa diet populer yang kerap diikuti oleh para selebriti kebanyakan menjadi sangat ekstrim dan memicu gangguan penyakit.  Misalnya saja diet KEN yang menganjurkan agar kita tidak makan sama sekali dan menggantinya dengan formula makanan cair selama 10 hari.

Berikut adalah lima jenis diet yang tidak disarankan oleh para ahli gizi dalam Asosiasi Diet Inggris.

1. Party Girl IV Drip Diet

Dalam diet ini kita diharuskan mengganti pola makan normal dengan cairan yang berisi vitamin B dan C, magnesium serta kalsium yang dimasukkan ke dalam tubuh lewat selang, mirip seperti infus. Beberapa selebriti seperti Rihanna dan Simon Cowell dikabarkan menjalani diet ini.

Para ahli mengatakan diet tersebut beresiko menimbulkan efek samping kelelahan, pusing, infeksi, inflamasi pada pembuluh darah, anaphylactic shock akibat tekanan darah terlalu rendah.

2. Ketogenic Enteral Nutrition (KEN) Diet

Selama 10 hari formula protein cair dan nutrisi akan dimasukkan dengan selang langsung ke dalam perut melalui hidung. Pompa elektrik kemudian akan mengirimkan dua liter formula cair itu dalam 24 jam. Diet ini disebutkan sedang digandrungi para model karena bisa mengontrol rasa lapar dan mendorong tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Para ahli mengatakan diet ini sangat ekstrim. Bukan hanya karena efek sampingnya menguras perut tapi juga tidak ada bukti ilmiah diet ini aman.

3. Alcorexia/Drunkorexia Diet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+