Kompas.com - 20/12/2012, 10:44 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kebiasaan makan bersama dengan seluruh anggota keluarga, meski cuma seminggu sekali, ternyata bisa meningkatkan minat anak pada sayur dan buah-buahan.

Demikian menurut hasil survei yang dilakukan tim dari Universitas Leeds, Inggris, terhadap 2.389 anak. Menurut survei yang dilakukan di 52 sekolah dasar di sekitar London, Inggris, itu hampir dua pertiga anak (63 persen) belum mengasup sayur dan buah seperti yang direkomendasikan oleh WHO, yakni lima porsi buah dan sayur atau sekitar 400 gram.

Namun, anak-anak yang sering makan bersama dengan orangtuanya mengonsumsi buah dan sayur 1,5 porsi lebih banyak dibanding dengan anak yang tidak pernah makan bersama. Manfaat makan bersama untuk meningkatkan minat pada makanan sehat itu tetap tampak meski anak hanya makan bersama seminggu sekali.

Karena anak-anak selalu meniru kebiasaan orang di sekitarnya, anak-anak yang doyan sayur biasanya adalah mereka yang orangtuanya sering mengonsumsi buah dan sayuran.

"Ketika makan bersama dengan keluarga, anak-anak belajar tentang pola makan dari orangtua atau saudaranya yang lebih tua," kata Janet Cade, dari University's School of Food Science and Nutrition.

Selain meningkatkan minat pada sayur dan buah, makan bersama merupakan kesempatan yang penting untuk mengajarkan anak-anak mengenai perilaku yang baik. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.