Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

34 Penderita DBD Tewas Sepanjang 2012

Kompas.com - 10/01/2013, 21:44 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 34 orang penderita demam berdarah dengue (DBD) di Provinsi Lampung tewas sepanjang 2012. Kasus tingginya kematian akibat DBD ini terutama terjadi di musim hujan seperti sekarang.

Hal itu terungkap berdasarkan data Bidang Surveilans Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang disampaikan, Kamis (10/1/2013). Penyebaran DBD ini hampir merata di 14 kabupaten dan kota di Lampung. Tren ini lalu berlanjut di 2013. Dalam sepuluh hari, sudah tujuh penderita DBD tewas.

Humas Diskes Provinsi Lampung Asih Hendrastuti mengatakan, pihaknya meminta seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan pemerintah kabupaten / kota di Lampung mewaspadai dan menanggulangi penyebaran DBD ini melalui berbagai upaya, antara lain sosialisasi 3M, pengasapan dan abatisasi.

"Kami di provinsi kan tugasnya koordinasi dan buffer stock untuk menyuplai kebutuhan (alat) di kabupaten dan kota," tuturnya.

Pihaknya berharap kepala desa, tokoh masyarakat, dan kader PKK di daerah untuk menggiatkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk dengan pola 3M, yaitu menutup, menguras dan menimbun.

"Genangan air yang ada di lingkungan rumah harus diperhatikan betul. Mulai dari wadah dispenser, buangan air di kulkas, sampai di talang atap, mesti diperhatikan karena bisa jadi sarang nyamuk (aedes). Jangan hanya selokal yang diperhatikan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com