Kompas.com - 17/01/2013, 12:02 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Di saat musim hujan seperti ini, mikroorganisme penyebab penyakit akan berkembang biak dengan cepat. Terlebih saat banjir melanda. Sanitasi yang buruk akan mempercepat penyebaran mikroorganisme dan penularan penyakit ini. Berhati-hatilah, tubuh Anda akan menjadi lebih rentan terhadap beberapa jenis penyakit.

Tubuh memiliki sistem imun sebagai tirai pertahanan pertama yang akan melawan mikroorganisme penyebab penyakit. Namun dengan lonjakan jumlah mikroorganisme, sistem imun yang biasa dapat melawannya menjadi kewalahan. Akibat sistem imun tidak berhasil melawan mikroorganisme, tubuh pun jatuh sakit.

Oleh karena itulah, perlu beberapa upaya untuk menguatkan sistem imun agar tetap kuat dan mampu menghadapi mikroorganisme penyebab penyakit meskipun jumlahnya melonjak. Berikut beberapa kiatnya.

1. Cukup tidur

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat tidur bagi kesehatan. Sistem imun pun dapat menjadi lebih kuat hanya karena Anda memenuhi kebutuhan tidur dengan baik. Saat tidur, tubuh akan beristirahat dan membiarkan sistem imun bekerja dengan lebih efektif.

2.  Makan teratur

Makanan adalah salah satu faktor penting yang menentukan kekuatan sistem imun. Makanlah tiga kali sehari dengan porsi cukup agar sistem imun tetap kuat. Anda pun harus memperhatikan gizi makanan yang Anda makan. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan vitamin, karena vitamin dapat memperkuat sistem imun Anda. Jika perlu Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin tertentu.

3. Rajin cuci tangan

Mikroorganisme penyebab penyakit ada di mana pun, sehingga Anda perlu mencuci tangan Anda lebih sering untuk menghindari perpindahan mikroorganisme berbahaya dari lingkungan ke dalam tubuh Anda. Cuci tangan pun secara benar, yaitu dengan menggosok seluruh permukaan tangan, jari, dan kuku Anda menggunakan sabun dengan waktu minimal 20 detik.

4. Mandi air dingin

Musim hujan yang dingin harus mandi air dingin? Tidak perlu keberatan. Manfaat mandi air dingin sebanding kok dengan "pengorbanan" Anda. Air dingin dapat "membangunkan" syaraf-syaraf Anda sehingga Anda dapat lebih segar, aliran darah pun semakin lancar. Inilah yang akan membuat sistem imun Anda kuat.

5. Olahraga

Aktivitas olah fisik atau olahraga terbukti memperkuat sistem imun. Jadi, olahragalah secara teratur. Tidak perlu terlalu lama, lebih penting untuk melakukannya secara teratur. Lakukan jalan cepat, bersepeda atau jogging sekitar 30 menit, usahakan lima kali dalam seminggu.

6. Konsumsi herbal alami

Mengonsumsi tanaman herbal dengan efek menghangatkan seperti jahe, ginseng, atau bawang putih dapat meningkatkan kinerja sistem imun. Campurlah herbal tadi ke dalam minuman atau makanan Anda. Selain dapat melawan dinginnya udara, Anda pun jadi tidak mudah  sakit.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.