Kompas.com - 26/01/2013, 10:22 WIB
EditorLusia Kus Anna

SEMARANG, KOMPAS - Jurusan Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang, mendorong mahasiswa meneliti dan menciptakan inovasi makanan berbahan baku lokal.

Hasil inovasi dipamerkan dalam Expo Gizi menyambut Hari Gizi Nasional 2013, Jumat (25/1), di Rumah Sakit Nasional Undip di Kampus Tembalang, Semarang.

Inovasi produk makanan dan minuman itu, antara lain, burger tempe (menggunakan tempe sebagai pengganti daging), bakpao unyil (bakpao dari ubi jalar ungu), pumpkin pudding (puding labu kuning), serta es dawet soygie (dawet warna-warni dari sari tomat, wortel, dan bayam).

Dari penelitian para mahasiswa semester awal, menurut Amalia, mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi, ubi jalar ungu selain mengandung serat juga kaya antioksidan yang bisa mencegah penyakit degeneratif. Ubi jalar juga mempunyai indeks glikemik rendah yang bermanfaat mempertahankan tingkat glukosa darah, bebas lemak dan kolesterol, serta berkadar serat tinggi.

”Puding yang terbuat dari maizena, gula, dan labu kuning merupakan jajanan sehat dan ekonomis untuk anak sekolah dasar,” ungkap mahasiswa lain, Desi dan Tenia.

Ketua Panitia Expo Gizi Etika Ratna Noer menyatakan, pameran gizi sejalan dengan program pemerintah untuk mewujudkan Empat Pilar Gizi Seimbang, yakni makanan bervariasi, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan sehat, serta pemantauan berat badan. ”Definisi gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh,” ujarnya.

Untuk itu perlu diperhatikan empat prinsip, yakni keanekaragaman makanan, kebersihan makanan, hidup aktif dan berolahraga, serta mempertahankan berat badan ideal.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi FK Undip juga menggelar long march gizi dengan berkeliling Kampus Undip menyebarkan pamflet Empat Pilar Gizi Seimbang. (SON)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.