Kompas.com - 01/02/2013, 09:03 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dear Konselor AIMI, saya mau menanyakan, kenapa bayi saya tidak mau menyusu payudara di sebelah kiri? Dulu, dia maunya sebelah kiri saja dan gak mau sebelah kanan, dan sekarang di usia 6 bulan malah berbalik ke kanan dan tidak mau sebelah kiri lagi. Apakah ada solusinya supaya bayi saya mau menyedot keduanya? Terima Kasih. 

(Dian, 28, Medan)


JAWAB :

Dear bunda Dian,  memang kadang-kadang kita sulit mengerti maunya bayi ya.. Sama seperti orang dewasa, bayi juga kadang punya mood tersendiri.
Kadang bayi ingin di kiri aja, ingin di kanan aja, kadang tidak suka kalau telinga kiri tertutup saat menyusu. Terkadang, ingin menyusu di payudara yang aliran ASI lebih deras atau sebaliknya, dan sebagainya.

Solusinya adalah kenali karakter bayi dengan baik. Perhatikan, saat menyusu di payudara kanan bagaimana posisi bayi. Apakah kesukaannya yaitu tangannya bisa menggapai bebas, bisa ia lakukan, dan  sebagainya.

Selain itu, tetap upayakan untuk memerah payudara yang jarang disusui, supaya volume aliran ASI kurang lebih sama.kemudian dicoba sesekali untuk menyusu dari payudara yang jarang disusui, lagi-lagi perhatikan bagaimana reaksi dan kemauan bayi.

Tidak ada salah dan benar dalam posisi menyusui, tetap semangat menyusui ya bunda :)

Andriana Chaizir
Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) cabang Jawa Barat

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.