Kompas.com - 16/02/2013, 09:32 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Dear dokter, teman saya memiliki miom yang lengket di dinding rahim dan miomnya sudah diangkat. Apakah teman saya masih bisa hamil dok mengingat rahimnya sudah tidak seperti sediakala. Terima kasih dokter sebelumnya atas jawabannya.
(Hapsari, Yogyakarta)

JAWAB:

Ibu Hapsari yang baik hati,
Terimakasih sudah Bantu temannya. Pada wanita yang telah menjalani operasi pengangkatan miom, pasti sudah ada cedera pada rahimnya. Penting sekali diketahui ukuran miom dan apakah miom tersebut merusak rongga rahim atau tidak.

Selanjutnya bila haid tetap teratur pasca pengangkatan miom maka kemungkinan hamil tetap ada. Yang penting adalah pemantauan saat hamil dan penentuan proses persalinannya. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.