Kompas.com - 22/02/2013, 09:54 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Bergabung di situs jejaring sosial seperti Facebook (FB), terutama pada orang lanjut usia, ternyata dapat membantu otak tetap tajam sehingga mencegah kepikunan.

Tim peneliti dari Universitas Arizona menemukan, orang berusia di atas 65 tahun yang menggunakan jejaring sosial cenderung memiliki skor tes kognitif lebih baik dibandingkan dengan lansia yang hanya berselancar di internet atau yang tidak paham internet sama sekali. Memperbaharui status di FB juga diketahui meningkatkan perfoma mental para warga senior tersebut.

Para lansia yang aktif di FB memiliki performa yang lebih baik dalam mengerjakan tugas yang didesain untuk mengukur kemampuan memonitor dan secara cepat menambah dan menghapus sebuah konten.

Sebanyak 14 orang tua berusia 68-91 tahun mengikuti penelitian tersebut. Mereka terdiri dari orang berusia lanjut yang belum pernah menggunakan situs FB atau sebulan sekali melihat isi FB.

Para kakek dan nenek tersebut diinstruksikan untuk menambah "teman" dengan lansia lain dalam kelompok training dan diminta membuat posting di FB setidaknya sekali setiap hari.

Di kelompok kedua, para lansia hanya diminta menggunakan situs diari online. Sifat situs tersebut pribadi dan tidak bisa dibagikan. Rutinitas tersebut dilakukan selama 8 minggu.

Sebelum dites, para partisipan mengikuti sejumlah tes untuk mengukur tingkat kesepian dan dukungan sosial yang mereka miliki. Selain itu diuji juga kemampuan kognitifnya.

Hasil tindak lanjut penelitian menemukan, mereka yang belajar menggunakan Facebook memiliki hasil tes yang lebih baik dibanding sebelum mereka bergabung di FB. Hasil yang sama tidak ditemukan pada partisipan dari kelompok kedua.

"Perbedaan besar antara jurnal harian online dengan Facebook adalah, saat membuat jurnal kita hanya menyimpannya sendiri. Di FB, setiap hari selalu ada orang yang membuat posting hal baru sehingga kita secara konstan mendapat informasi baru," kata ketua peneliti Janelle Wohltmann.

Membaca informasi baru, fokus, dan menyimpan informasi lama di otak secara terus menerus akan membantu otak tetap tajam.

Beberapa permainan online di FB khusus untuk para lansia juga bisa membantu mereka menjaga kesehatan mentalnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.