Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2013, 09:50 WIB


TANYA : 

Dok, sudah selama lima  tahun terakhir ini kaki saya mengecil sebelah. Tapi hanya sebelah. Semakin lama, saya perhatikan, malah semakin kecil. Selain itu, berat badan saya juga tidak knjung naik. Selain itu nafsu makan juga berkurang. saya pernah melakukan cek ke Rumah  Sakit terdekat, tetapi tidak ada jawban yang memuaskan. Dari hasil pemeriksaan laboratorium, juga tidak jelas. Saya menjadi bingung dok, sakit apa sebenarnya yang saya alami. Mohon penjelasannya.

(Lilik Indriani, 20 tahun, 158 cm, 38 kg, Palu)


JAWAB :

Sdri Lilik Indriani yth.

Maaf, saya tidak dapat memberikan masukan banyak tentang keluhan Sdri karena data yang sangat terbatas. Saya tidak tahu apakah dibagian kaki yang mengecil ada gejala lain seperti lemah, kebas, pembengkakan sendinya, riwayat pernah trauma di panggul, tulang belakang dan sebagainya.

Secara umum dapat saya sampaikan di sini, bahwa kaki mengecil sebelah akibat otot yang mengecil. Pada jaringan otot berlaku prinsip "Use it or You Lose it",  gunakan atau Anda kehilangannya. Jadi kaki Anda yang mengecil itu bisa saja disebabkan oleh otot-otot di kaki itu tidak digunakan. Kebiasaan berdiri dengan sering menumpu pada satu kaki bisa jadi penyebabnya. Kelainan pada otot itu sendiri atau gangguan syaraf tulang belakang atau penekanan syaraf di sendi lutut dapat juga menjadi penyebabnya.

Komplikasi penyakit rematik seperti rheumatoid arthritis (RA) dan osteo arthritis (OA) yang menyerang sendi lutut sering menyebabkan pengecilan otot, atau atrofi otot. Tapi melihat umur dan berat badan Anda kemungkinan akibat OA bisa disingkirkan, kemungkinan karena RA bisa terjadi, tapi harus ada gejala lain.

Melihat berat badan Anda yang sangat kurang, underweihgt, BMI Anda hanya 15, seharusnya minimal 20, saya berpikir, jangan-jangan (maaf) kaki yang mengecil sebelah itu perasaan Anda saja. Untuk meyakinkan itu saya sarankan Anda mengukur lingkaran di kaki Anda, di mana saja yang Anda anggap kecil, lalu bandingkan dengan kaki yang sebelahnya. Pengalaman saya ada beberapa pasien yang sering mengeluh seperti itu, merasa bagian tubuh sebelahnya tidak sama dengan yang lainnya, padahal itu hanya bentuk kecemasan, kekhawatiran saja. Ada penyakit yang dikenal dengan "Body dysmorphic syndrome" (BDD), dimana seseorang selalu merasa ada bagian tubuhnya yang tidak sempurna, wajar.

Untuk memastikan penyebabnyaa, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter Ahli Penyakit Dalam setempat, atau Ahli Syaraf, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, apalagi berat badan Anda yang sangat kurang.  Malnutrisi juga bisa menjadi salah satu penyebab otot yang mengcil

Kemudian, karena kemungkinan penyebabnya, bahkan itu sering, otot di kaki itu tidak digunakan dengan baik, lakukan  olahraga dengan pembebanan ringan pada kaki yang Anda anggap mengecil. Disamping itu Anda perlu memperbaiki masukan gizi Anda yang lebih baik.

Terimakasih, semoga sedikit banyaknya bermanfaat

Wassalam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com