Kompas.com - 28/02/2013, 18:01 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Pemberian obat antiretroviral (ARV) sebagai upaya pencegahan penularan HIV akan segera diuji coba di Indonesia. Sebagai permulaan, uji coba dilakukan di tiga kota, yakni Jakarta, Denpasar, dan Badung, Bali.

Terapi ARV sebagai upaya pencegahan secara global sudah banyak dilakukan dan menunjukkan hasil yang signifikan dalam menurunkan risiko penularan HIV. ARV sedianya adalah obat yang diberikan kepada mereka yang positif HIV untuk menekan jumlah virus.

Menurut dr Fonny J Silfanus, Deputi Program Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, terapi ARV sebagai pengobatan sekaligus pencegahan diberikan kepada mereka yang sudah terinfeksi HIV, tetapi jumlah CD4-nya kurang dari 500.

"Terapi ini harus diberikan kepada orang yang tepat karena jika tidak patuh minum obat justru akan resisten," katanya dalam acara media edukasi mengenai Program Pencegahan HIV Melalui Transmisi Seksual di Jakarta, Kamis (28/2/13).

Fonny menjelaskan, program pengobatan dan pencegahan tersebut diprioritaskan kepada pekerja seks, pengguna narkoba jarum suntik, waria, atau ODHA yang punya pasangan.

"Rencananya mulai tahun ini, tetapi belum tahu jumlahnya berapa orang," paparnya.

Ia menambahkan, selain pemberian ARV, upaya pencegahan lainnya tetap dilanjutkan. "Penggunaan kondom tetap harus dilakukan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.