Kompas.com - 07/03/2013, 11:37 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, saya adalah pria yang belum satu tahun ini menikah. Yang saya mau tanyakan, apakah ada hubungannya antara tingkat rasa cinta terhadap gairah seks. Kenapa ya seketika gairah bisa saya meningkat untuk melakukan hubungan intim, dan seketika juga nafsu atau gairah saya bisa menghilang. Apakah ini merupakan tanda-tanda gangguan libido? Terimakasih jawabannya Dok..!

(Alphi, 29, Bandung)


JAWAB :

Rasa cinta tentu berpengaruh terhadap gairah seksual. Demikian juga ikatan emosional lainnya. Tetapi bukan berarti tanpa rasa cinta tidak ada gairah seksual.

Tetapi hambatan gairah seksual dapat disebabkan oleh penyebab lain, tidak selalu karena hilangnya rasa cinta atau ikatan emosional lainnya.

Jadi banyak faktor yang mengakbatkan hambatan atau berkurangnya gairah seksual, yaitu kurangnya hormon testosteron, gangguan kondisi kesehatan, hambatan psikis terhadap pasangan, dan pengalaman seksual sebelumnya tidak menyenangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.