Kompas.com - 18/04/2013, 21:22 WIB
EditorErvan Hardoko

PARIS, KOMPAS.com — Dalam situasi normal, seharusnya pengemudi mobil ambulans bertugas membawa seorang pasien secepat mungkin untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Namun, apa yang terjadi di Perancis belum lama ini sungguh unik. Seorang pasien justru menyelamatkan pengemudi ambulans yang jatuh sakit dan membawanya ke rumah sakit.

Kisahnya terjadi di kota kecil Berck-sur-mer, di wilayah utara Perancis. Seorang pasien kanker, Christian Nayet (60), sedang dalam perjalanan menuju rumah sakit di kota Lille.

Di tengah perjalanan, pengemudi ambulans tiba-tiba terkena serangan jantung. Tanpa pikir panjang, Nayet mengambil alih kemudi dan melarikan ambulans itu ke rumah sakit di kota Lens. Demikian penjelasan manajer ruang UGD, Frederic Allienne.

"Saya berkata kepadanya, 'Beri saya kunci mobil, percayakan kepada saya! Hidup saya tidak dalam bahaya, tetapi hidupmu dalam bahaya'," kata Nayet kepada harian Voix du Nord.

"Saya tak bisa membunyikan sirene ambulans, tetapi saya bisa menyalakan lampunya. Saya meminta si sopir untuk mengeluarkan tangannya dari jendela untuk meminta jalan," tambah Nayet.

Nayet akhirnya berhasil membawa ambulans dan "pasiennya" dengan selamat. Tak hanya itu, dalam perjalanan, Nayet masih sempat memberikan obat antikoagulan darah kepada sopir ambulans.

"Tanpa bantuan Nayet, sopir ambulans itu mungkin sudah meninggal," kata Allienne.

Setelah menyelamatkan nyawa sopir ambulans, Nayet kemudian dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan rutin kankernya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.